PENGARUH KINERJA KEUANGAN , SUKU BUNGA, INFLASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2015-2020)


Kevin Virgiawan Sulistiya, 7311417029 (2021) PENGARUH KINERJA KEUANGAN , SUKU BUNGA, INFLASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2015-2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KINERJA KEUANGAN , SUKU BUNGA, INFLASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2015-2020)] PDF (PENGARUH KINERJA KEUANGAN , SUKU BUNGA, INFLASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2015-2020)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Return saham merupakan salah satu tujuan para investor ketika berinvestasi di suatu perusahaan. Komponen return saham terdiri dari capital gain dan dividen. Tingkat return berbanding lurus dengan tingkat risiko yang didapatkan oleh para investor. Sehingga para investor berusaha mendapatkan return yang optimal namun dengan risiko yang kecil. Tingkat return suatu perusahaan dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh beberapa macam faktor internal dan eksternal yang mampu mempengaruhi tingkat return saham yang diterima investor dikemudian hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan objek penelitian perusahaan manufaktur subsektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 48 perusahaan dengan jumlah observasi penelitian selama 6 tahun sehingga jumlah data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 288 data. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan , laporan tingkat inflasi dan laporan tingkat suku bunga. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel serta alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang diproksikan menggunakan return on asset memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham , tingkat suku bunga memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham , tingkat inflasi memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham dan ukuran perusahaan yang diproksikan menggunakan logaritma natural dari total aset memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan memiliki pengaruh terhadap tinggi rendah nya return yang akan diterima investor. Sehingga investor perlu mempertimbangkan rasio kinerja keuangan (return on asset ) sebelum membuat keputusan investasi. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah sebaiknya peneliti selanjutnya mempertimbangkan variabel internal dan eksternal lain seperti kebijakan dividen , kepemilikan institusional , kebijakan hutang , nilai ix tukar , produk domestik bruto (PDB) , pertumbuhan ekonomi negara dan lain-lain serta dapat menemukan indikator pengukuran yang relevan untuk menjelaskan determinan return saham.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan , Suku Bunga, Inflasi , Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Dec 2022 23:31
Last Modified: 11 Dec 2022 23:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54060

Actions (login required)

View Item View Item