Peningkatan Kemampuan Menanggapi Cara Pembacaan Cerpen melalui Metode Diskusi Kelompok Model Kepala Bernomor pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 18 Semarang
Ambar Setiyowati, 2009 (2009) Peningkatan Kemampuan Menanggapi Cara Pembacaan Cerpen melalui Metode Diskusi Kelompok Model Kepala Bernomor pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 18 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Kemampuan Menanggapi Cara Pembacaan Cerpen melalui Metode Diskusi Kelompok Model Kepala Bernomor pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 18 Semarang)
- Published Version
Download (29kB) | Preview |
Abstract
Setiyowati, Ambar. 2009. Peningkatan Kemampuan Menanggapi Cara Pembacaan Cerpen melalui Metode Diskusi Kelompok Model Kepala Bernomor pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 18 Semarang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Univeritas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Mukh. Doyin, M. Si., Pembimbing II: Dra. L.M. Budiyati, M. Pd. Kata kunci: menanggapi, pembacaan cerpen, metode diskusi, kepala bernomor. Rendahnya kemampuan menanggapi cara pembacaan cerpen siswa memerlukan adanya perbaikan proses pembelajaran. Pada umumnya pembelajaran yang berlangsung belum mampu melibatkan setiap siswa ke dalam kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Siswa menjadi kurang berani berbicara di depan umum dan siswa merasa takut, malu-malu dan kurang percaya diri untuk menyampaikan tanggapan di depan kelas. Untuk itu, perlu ada upaya peningkatan kemampuan menanggapi cara pembacaan cerpen siswa. Peningkatan kemampuan menanggapi cara pembacaan cerpen siswa perlu dilakukan dengan metode yang efektif, metode yang digunakan adalah metode diskusi kelompok model kepala bernomor yang akan digunakan dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menanggapi cara pembacaan cerpen. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah peningkatan kemampuan menanggapi cara pembacaan cerpen siswa kelas VII-A SMP N 18 Semarang setelah mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok model kepala bernomor; dan 2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa berkenaan dengan kemampuan menanggapi cara pembacaan cerpen setelah diberikan proses belajar mengajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok model kepala bernomor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas VII-A SMP N 18 Semarang dalam menanggapi cara pembacaan cerpen setelah diberikan proses belajar mengajar menggunakan metode diskusi kelompok model kepala bernomor. Tujuan yang kedua adalah mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII-A SMP N 18 Semarang setelah mendapat proses belajar mengajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok model kepala bernomor. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menanggapi cara pembacaan cerpen siswa kelas VII-A SMP N 18 Semarang. Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menanggapi cara pembacaan cerpen dengan menggunakan metode diskusi kelompok model kepala bernomor. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menanggapi, pembacaan cerpen, metode diskusi, kepala bernomor. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 Oct 2011 01:28 |
Last Modified: | 10 Oct 2011 01:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5402 |
Actions (login required)
View Item |