FAKTOR PENENTU STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016 – 2019


RIRIN ETIKA FEBRIYANTI, 7311417026 (2021) FAKTOR PENENTU STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016 – 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR PENENTU STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016 – 2019] PDF (FAKTOR PENENTU STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016 – 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu keputusan terpenting yang dihadapi perusahaan dalam keuangan perusahaan adalah pemilihan struktur modalnya. Struktur modal adalah rasio hutang terhadap ekuitas yang membiayai perusahaan. Keputusan yang salah tentang struktur modal dapat menempatkan perusahaan dalam kesulitan keuangan. Manajer harus dapat menentukan sumber pendanaan yang tepat untuk melaksanakan dan mengembangkan kegiatan investasi dan opersional perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, dan kebijakan dividen terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 – 2019. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling yang memperoleh sebanyak 41 perusahaan, sehingga menghasilkan data obeservasi sebanyak 164 data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, dan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap struktur modal perusahaan. Secara parsial menunjukan hasil bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan, likuiditas dan kebijakan dividen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Saran bagi peneliti selanjutnya dikarenakan penelitian ini terbatas menggunakan faktor internal perusahaan, untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat memasukan faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi struktur modal perusahaan. Dalam menentukan keputusan pendanaan, manajer perusahaan diharapkan dapat memperhatikan variabel-variabel yang dapat memperngaruhi struktur modal. Bagi investor dapat mempertimbangkan variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, karena semakin besar keuntungan dan ukuran perusahaan maka diindikasikan bahwa perusahaan memiliki hutang yang besar. Perusahaan yang memiliki hutang besar akan memiliki risiko yang tinggi dan mengalami kesulitan keuangan sehingga akan membagikan dividen dalam jumlah kecil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Dec 2022 23:41
Last Modified: 08 Dec 2022 23:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54014

Actions (login required)

View Item View Item