PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi Pada Pengguna Lazada di Semarang)


Hana Silviana, 7311417019 (2021) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi Pada Pengguna Lazada di Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi Pada Pengguna Lazada di Semarang)] PDF (PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI (Studi Pada Pengguna Lazada di Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan ekonomi berbasis elektronik atau e-commerce memiliki potensi yang tinggi bagi Indonesia. Banyak nya jumlah e-commerce di Indonesia membuat persaingan sangat tinggi antar platform. Masing-masing dari platform e-commerce membuat strategi untuk bisa merebut konsumen dan pasar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth, social media marketing, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada pengguna Lazada di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau pengguna Lazada. Sampel yangg digunakan berjumlah 100 sampel pengguna Lazada dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui software IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth, social media marketing, dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa minat beli dapat memediasi electronic word of mouth, social media marketing, dan celebrity endorser, serta memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini adalah electronic word of mouth, social media marketing, dan celebrity endorser dapat meningkatkan keputusan pembelian. Minat beli juga dapat memediasi pengaruh electronic word of mouth, social media marketing, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Bagi platform Lazada diharapkan untuk terus meningkatkan penggunaan social media marketing, penggunaan selebriti dengan kredibilitas dan daya tarik tinggi sehingga dapat menciptakan ulasan atau komentar positif dari pelanggan. Diharapkan pada penelitian yang akan datang untuk menambah variabel independent lain yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word Of Mouth, Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:44
Last Modified: 08 Dec 2022 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54009

Actions (login required)

View Item View Item