ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)


Wilda Muzayanah Khaerunisa, 7311417001 (2021) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)] PDF (ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Perkembangan era globalisasi dimasa sekarang dalam bidang ekonomi telah mengubah cara kerja dari suatu perusahaan. Perusahaan harus memiliki tujuan dan arah yang jelas. Tujuan suatu perusahaan yang telah go public diantaranya: meningkatkan kemakmuran para pemegang saham melalui peningkatan nilai perusahaan, mencapai keuntungan maksimal yang sebesar-besarnya dan meningkatkan nilai perusahaan yang tercermin pada harga sahamnya. Perusahaan harus memiliki tujuan dan arah yang jelas. Sedangkan tujuan lain dalam mendirikan perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan antara lain: profitabilitas, capital structure dan firm size. Pada umumnya faktor keuangan sering digunakan untuk menjelaskan pengaruh nilai perusahaan. Penelitian terkait nilai perusahaan telah banyak dilakukan, namun temuan yang dihasilkan masih beragam. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 36 unit analisis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi data panel model penelitian Random Effect Model (REM) menggunakan Eviews 9 & 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Saran dalam penelitian ini, agar perusahaan sektor barang konsumsi sebaiknya harus memperhatikan struktur modal (DER) dan profitabilitas (ROE) agar nilai perusahaan (PBV) tetap tinggi supaya mampu menarik investor sehingga masa depan perusahaan sektor industri konsumsi ini tetap baik dan terjaga. Selain itu perusahaan sektor barang konsumsi juga sebaiknya untuk tetap menjaga nilai PBV atau menaikkan nilai PBV sehingga perusahaan harus menjaga rasio DER atau meningkatkan rasio DER tersebut, serta modal perusahaan yang ada harus digunakan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Profitabilitas, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:13
Last Modified: 08 Dec 2022 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54005

Actions (login required)

View Item View Item