PENGARUH KEMITRAAN, KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Usaha Mikro Bandeng Presto di Kota Semarang)


Abi Rafdi Fadhlillah, 7311416216 (2021) PENGARUH KEMITRAAN, KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Usaha Mikro Bandeng Presto di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEMITRAAN, KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Usaha Mikro Bandeng Presto di Kota Semarang)] PDF (PENGARUH KEMITRAAN, KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Usaha Mikro Bandeng Presto di Kota Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja pemasaran merupakan ukuran pencapaian yang diperoleh dari keseluruhan kegiatan proses pemasaran suatu perusahaan atau organisasi. Kinerja pemasaran juga dapat dikatakan sebagai konsep yang digunakan untuk mengukur sejauh mana produk perusahaan telah mencapai kinerja pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kemitraan, Knowledge Management Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran, serta mengetahui apakah Keunggulan Bersaing mampu memediasi Kemitraan, Knowledge Management Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro bandeng presto di Kota Semarang dengan jumlah 116 responden. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 responden dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program Statistik SPSS v23. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kemitraan, Knowledge Management Dan Orientasi Pasar memiliki pengaruh Terhadap Kinerja Pemasaran, selanjutnya keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis juga menunjukan bahwa keunggulan bersaing mampu memediasi hubungan antara Kemitraan, Knowledge Management Dan Orientasi Pasar mempengaruhi kinerja pemasaran. Saran untuk pengusaha bandeng presto di Kota Semarang agar lebih lebih meningkatkan keunggulan bersaing yang mereka lakukan dengan menjaga kualitas produk yang mereka jual sehingga lebih dipercaya oleh pelanggan, serta memperhatikan hal-hal yang dapat membuat orientasi pasar semakin baik sehingga dengan begitu kinerja pemasaran juga akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja pemasaran merupakan ukuran pencapaian yang diperoleh dari keseluruhan kegiatan proses pemasaran suatu perusahaan atau organisasi. Kinerja pemasaran juga dapat dikatakan sebagai konsep yang digunakan untuk mengukur sejauh mana produk perusahaan telah mencapai kinerja pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kemitraan, Knowledge Management Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran, serta mengetahui apakah Keunggulan Bersaing mampu memediasi Kemitraan, Knowledge Management Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro bandeng presto di Kota Semarang dengan jumlah 116 responden. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 responden dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program Statistik SPSS v23. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kemitraan, Knowledge Management Dan Orientasi Pasar memiliki pengaruh Terhadap Kinerja Pemasaran, selanjutnya keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis juga menunjukan bahwa keunggulan bersaing mampu memediasi hubungan antara Kemitraan, Knowledge Management Dan Orientasi Pasar mempengaruhi kinerja pemasaran. Saran untuk pengusaha bandeng presto di Kota Semarang agar lebih lebih meningkatkan keunggulan bersaing yang mereka lakukan dengan menjaga kualitas produk yang mereka jual sehingga lebih dipercaya oleh pelanggan, serta memperhatikan hal-hal yang dapat membuat orientasi pasar semakin baik sehingga dengan begitu kinerja pemasaran juga akan semakin meningkat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:00
Last Modified: 08 Dec 2022 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54002

Actions (login required)

View Item View Item