Pengaruh Ownership Structure Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Capital Structure Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2019)


Ratna Fiatun, 7311416188 (2021) Pengaruh Ownership Structure Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Capital Structure Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Ownership Structure Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Capital Structure Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2019)] PDF (Pengaruh Ownership Structure Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Capital Structure Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja perusahaan menggambarkan tentang suatu keadaan perusahaan dalam mencapai tujuan perusahan. Kinerja perusahaan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya struktur kepemilikan dan struktur modal perusahaan. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan yang dimediasi oleh struktur modal terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan sektor manufaktur. Struktur kepemilikan terdiri dari kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional. Variabel mediasi struktur modal di proksikan dengan DER. Serta variabel kinerja perusahaan di proksikan dengan ROE. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2019. Jumlah populasi dalam penelitian sebanyak 128 perusahaan. setelah dilakukan purposive sampling terdapat 43 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi berganda menggunakan software EViews 9. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial dan DER berpengaruh negatif signifikan terhadap ROE. Kepemilikan institusional berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROE. Kepemilikan manajerial dan institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap DER. DER terbukti memediasi struktur kepemilikan terhadap ROE. Saran penelitian bagi manajemen untuk lebih memperhatikan keputusan pendanaan perusahaan yang berdampak pada kinerja perusahaan. Bagi investor, dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam berinvestasi untuk lebih memperhatikan struktur modal perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan referensi penelitian kaitannya dengan tema yang sama dan dapat menambah proksi Tobins’q dalam mengukur kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Perusahaan, Ownership Structure, Capital Structure
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:58
Last Modified: 08 Dec 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54000

Actions (login required)

View Item View Item