Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Kemitraan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (studi pada pelaku usaha mikro lumpia di Kota Semarang)


NUR FEBRIYANTO, 7311416160 (2021) Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Kemitraan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (studi pada pelaku usaha mikro lumpia di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Kemitraan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (studi pada pelaku usaha mikro lumpia di Kota Semarang)] PDF (Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Kemitraan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (studi pada pelaku usaha mikro lumpia di Kota Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja pemasaran merupakan hal penting pada industri kecil dan menengah, dengan adanya kinerja pemasaran yang baik maka penjualan akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan kemitraan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, serta mengetahui apakah keunggulan bersaing mampu memediasi orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro lumpia di Kota Semarang sebanyak 170 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden dengan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program Statistik SPSS v20. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaann dan kemitraan memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran, selanjutnya keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis juga menunjukan bahwa keunggulan bersaing mampu memediasi hubungan antara orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran. Tinggi rendahnya orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan kemitraan mempengaruhi kinerja pemasaran pada usaha mikro lumpa di Kota Semarang. Keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran serta dapat memediasi hubungan orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan kemitraan terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro lumpia di Kota Semarang. Saran untuk pelaku usaha agar lebih berani lagi untuk melakukan maksimal dalam menerapkan orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan melakukan strategi kemitraaan sehingga unggul dalam persaingan, dengan harapan dapat semakin meningkatkan kinerja pemasaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kemitraan. Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:54
Last Modified: 08 Dec 2022 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53999

Actions (login required)

View Item View Item