PENGARUH KEPERCAYAAN, FRAUD, DAN KEHADIRAN RAPAT DIREKTUR UTAMA TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2019)


Esa Gumilar, 7311416153 (2021) PENGARUH KEPERCAYAAN, FRAUD, DAN KEHADIRAN RAPAT DIREKTUR UTAMA TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPERCAYAAN, FRAUD, DAN KEHADIRAN RAPAT DIREKTUR UTAMA TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2019)] PDF (PENGARUH KEPERCAYAAN, FRAUD, DAN KEHADIRAN RAPAT DIREKTUR UTAMA TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan struktur modal merupakan salah satu kunci ketika perusahaan melakukan penentuan kebijakan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh direktur utama muslim, direktur utama nasrani,86, kecurangan/penipuan (fraud), dan kehadiran direktur utama pada rapat direksi terhadap stuktur modal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor infrastruktur, Transportasi, dan Utilitas yang terdaftar di BEI 2011-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang menghasilkan 108 observasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi ANCOVA (analysis of covariance) dengan Eviews 9 sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa direktur utama muslim berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal. Direktur utama nasrani berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal. Kecurangan/penipuan (fraud) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal sedangkan kehadiran direktur utama pada rapat direksi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal. Selain itu diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 0,0186 (1,86%), yang berarti sebesar 98,14% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah penggunaan alat ukur atau kuisioner untuk religiusitas direktur utama sehingga dapat memberikan hasil tes yang kuat dikarenakan tingkat kepatuhan agama tiap individu berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: agama, fraud, rapat direksi, struktur modal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:46
Last Modified: 08 Dec 2022 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53998

Actions (login required)

View Item View Item