Meningkatkan Kepedulian Kepada Orang Lain Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI IS Di SMA N 14 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009.


Rahayu Rinasari, 2009 (2009) Meningkatkan Kepedulian Kepada Orang Lain Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI IS Di SMA N 14 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Kepedulian Kepada Orang Lain Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI IS Di SMA N 14 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009.]
Preview
PDF (Meningkatkan Kepedulian Kepada Orang Lain Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI IS Di SMA N 14 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009.) - Published Version
Download (25kB) | Preview

Abstract

Rinasari, Rahayu. 2009. Meningkatkan Kepedulian Kepada Orang Lain Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI IS Di SMA N 14 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Kata Kunci : Kepedulian Kepada Orang Lain, Layanan Bimbingan Kelompok. Penelitian ini didasari oleh adanya fenomena yang terjadi Di SMA N 14 Semarang, bahwa ada sebagian siswa yang kurang memiliki kepedulian kepada orang lain. Khususnya kelas XI IS. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kepedulian kepada orang lain melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA N 14 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis. Dengan instrument skala psikologis sebanyak 70 butir item setelah diuji cobakan terdapat 10 item yang tidak valid yaitu item nomor 2, 6, 15, 20, 36, 46, 53, 60, 65, 68 sehingga menjadi 60 butir item yang valid dan digunakan dalam penelitian. Anggota yang diambil adalah siswa kelas XI IS yang telah terjaring dalam pre-test berjumlah 12 siswa. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat kepedulian pada orang lain sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok tergolong dalam kategori sedang yang memiliki skor rata- rata 63.65%. Setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok, tingkat kepedulian tetap berada dalam kategori sedang. Namun ada peningkatan persentase sebesar 13.78% menjadi 77.43%. Dari hasil perhitungan uji wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 3.065 pada taraf signifikan 5% dan N = 12 di dapat Ztabel sebesar 002. Dengan demikian nilai Zhitung = 3.065 > Ztabel = 002, harga ini menyimpulkan bahwa kepedulian kepada orang lain dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu bahwa kepedulian kepada orang lain dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Merujuk dari hasil penelitian tersebut diharapkan konselor dapat membantu siswa dalam meningkatkan kepedulian kepada orang lain dengan memanfaatkan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepedulian Kepada Orang Lain, Layanan Bimbingan Kelompok.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Oct 2011 01:15
Last Modified: 10 Oct 2011 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5399

Actions (login required)

View Item View Item