PENGARUH ANTARA E-WOM, WEBSITE QUALITY, PERCEIVED RISK TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN MEDIASI TRUST (Studi Pada E-Commerce Tokopedia)


Muhammad Abdullah Rozan, 7311416131 (2021) PENGARUH ANTARA E-WOM, WEBSITE QUALITY, PERCEIVED RISK TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN MEDIASI TRUST (Studi Pada E-Commerce Tokopedia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ANTARA E-WOM, WEBSITE QUALITY, PERCEIVED RISK TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN MEDIASI TRUST (Studi Pada E-Commerce Tokopedia)] PDF (PENGARUH ANTARA E-WOM, WEBSITE QUALITY, PERCEIVED RISK TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN MEDIASI TRUST (Studi Pada E-Commerce Tokopedia)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi berdampak besar pada kehidupan sehari-hari penggunanya. Teknologi semakin mempermudah masyarakat dalam melaksanakan kegiatannya, termasuk bagi pengusaha atau enterpreneur. Menciptakan hal-hal yang inovatif dan kreatif dalam menjalankan bisnis akan membuatnya berbeda dengan kompetitor lainnya. Adanya inovasi tersebut memanfaat e-commerce untuk memasarkan berbagai macam produk ataupun jasa dalam bentuk digital. Hal tersebut diduga mempengaruhi purchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Antara E-wom, Website Quality, Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Dengan Mediasi Trust (Studi pada e-commerce Tokopedia). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di ecommerce Tokopedia dengan minimal 2 kali transaksi. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebesar 107 responden dari ecommerce Tokopedia. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti cara survei, cara observasi, dan cara dokumentasi. Analisis data dimulai dari uji instrumen, uji analisis deskriptif, kemudian uji hipotesis t dilanjutkan dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-wom, website quality, dan perceived risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, trust dapat memediasi hubungan antara e-wom, website quality, dan perceived risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Simpulan penelitin ini adalah e-wom, website quality, dan perceived risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Serta trust dapat memediasi hubungan antara e-wom, website quality, dan perceived risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention e-commerce Tokopedoa. Saran penelitian ini adalah Tokopedia dapat mengevaluasi dengan melakukan langkah-langkah seperti meningkatkan kualitas sistem pada websitenya seperti desain website, sehingga pengguna akan lebih interaktif dalam menggunakan website, karena ketika pengguna puas dengan kualitas website yang ditawarkan, maka akan meningkatkan purchase intention.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-wom, Website Quality, Perceived Risk, Trust, Purchase Intention
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:57
Last Modified: 07 Dec 2022 07:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53988

Actions (login required)

View Item View Item