POTENSI KITCHEN MICROBIOLOGY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK HANDS-ON DALAM PEMBELAJARAN MIKROBIOLOGI
Andin Vita Amalia, - (2021) POTENSI KITCHEN MICROBIOLOGY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK HANDS-ON DALAM PEMBELAJARAN MIKROBIOLOGI. Unnes Science Education Journal, 10 (2). pp. 1210-1016. ISSN 2252-6617
PDF
Download (347kB) |
Abstract
Peserta didik di sekolah menengah maupun perguruan tinggi perlu dibekali dengan kemampuan softskill dan hardskill sebagai bekal menghadapi tantangan yang semakin berat seiring dengan arus globalisasi yang cepat. Keterampilan hands-on konten mikrobiologi merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik khususnya dari bidang ilmu pengetahuan alam, biologi, kimia, farmasi, kedokteran, lingkungan, pangan, ilmu gizi, kesehatan masyarakat, pertanian, serta arkeologi. Akan tetapi, pembelajaran konten mikrobiologi di banyak sekolah menengah dan perguruan tinggi masih memiliki keterbatasan fasilitas dan biosafety yang menghalangi peserta didik untuk belajar dengan maksimal. Untuk itu diperlukan suatu teknik alternatif yang dapat diaplikasikan di sekolah menengah dan perguruan tinggi yang minim fasilitas dan memiliki keterbatasan biosafety. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai teknik kitchen microbiology serta potensi aplikasinya dalam pembelajaran konten mikrobiologi khususnya dalam praktik hands-on. Selain itu, teknik ini memiliki potensi efektivitas yang baik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dengan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, kontekstual, maupun evidence-based approach.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kitchen microbiology; teaching microbiology; contextual learning; evidence-based approach |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 03:48 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 03:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53979 |
Actions (login required)
View Item |