INOVASI PRODUK MEMEDIASI PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAN DAN ORIENTASI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Makanan Ringan di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal)


Muhammad Rizqi Saputra, 7311416111 (2021) INOVASI PRODUK MEMEDIASI PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAN DAN ORIENTASI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Makanan Ringan di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of INOVASI PRODUK MEMEDIASI PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAN DAN ORIENTASI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Makanan Ringan di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal)] PDF (INOVASI PRODUK MEMEDIASI PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAN DAN ORIENTASI PELANGGAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Makanan Ringan di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja pemasaran adalah elemen penting yang dapat digunakan untuk melihat perkembangan dan prestasi suatu perusahaan. Dalam konteks usaha mikro, kinerja pemasaran dapat dicapai dengan beberapa strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah inovasi produk mampu memediasi pengaruh kompetensi kewirausahaan dan orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro makanan ringan di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 90 responden dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis jalur dengan bantuan program Statistik SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji parsial dalam penelitian ini variabel kompetensi kewirausahaan, orientasi pelanggan, dan inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Berdasarkan hasil uji analisis jalur, inovasi produk terbukti mampu memediasi pengaruh positif variabel kompetensi kewirausahaan dan orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan berdasarkan hasil analisis tersebut yaitu apabila semakin baik kompetensi kewirausahaan dan orientasi pelanggan pelaku usaha mikro makanan ringan, maka kinerja pemasaran akan meningkat. Apabila pengaruh positif tersebut didukung oleh inovasi produk maka akan menghasilkan kinerja pemasaran yang lebih baik. Saran yang dapat diambil oleh pelaku usaha mikro makanan ringan di Kecamatan Boja yaitu meningkatkan hubungan dan relasi dengan sesama pelaku usaha serta meningkatkan komitmen untuk berfokus mengembangkan usaha, memanfaatkan media internet sebagai salah satu sumber informasi untuk mencari peluang, melakukan inovasi pada produk baik dari segi rasa, varian, dan kualitas yang didasarkan pada kritik, saran, serta masukan dari pelanggan. Dengan menerapkan hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemasaran pelaku usaha mikro makanan ringan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kewirausahaan, Orientasi Pelanggan, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:11
Last Modified: 07 Dec 2022 06:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53970

Actions (login required)

View Item View Item