PENGARUH SURFACE ACTING DAN DEEP ACTING PADA KELELAHAN EMOSIONAL DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Karyawan BPR Kendali Artha Kendal)


Aidatul Fitriyana, 7311416061 (2021) PENGARUH SURFACE ACTING DAN DEEP ACTING PADA KELELAHAN EMOSIONAL DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Karyawan BPR Kendali Artha Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SURFACE ACTING DAN DEEP ACTING PADA KELELAHAN EMOSIONAL DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Karyawan BPR Kendali Artha Kendal)] PDF (PENGARUH SURFACE ACTING DAN DEEP ACTING PADA KELELAHAN EMOSIONAL DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Karyawan BPR Kendali Artha Kendal)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas tinggi menjadi tuntutan bagi setiap perusahaan agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Banyaknya tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan oleh karyawan tersebut akan memicu kelelahan secara emosinal pada karyawan. Kondisi tersebut merupakan suatu bentuk emosi negatif yang dapat menimbulkan perilaku yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh surface acting dan deep acting pada kelelahan emosional dengan kecerdasan emosional sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PBR Kendali Artha Kendal. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, dengan jumlah sampel sebanyak 75 karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis menggunakan SmartPLS 3.3.3. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa surface acting memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kelelahan emosional, deep acting berpengaruh negatif terhadap kelelahan emosional namun tidak signifikan, kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap kelelahan emosional, serta kecerdasan emosional dapat memoderasi pengaruh surface acting dan deep acting pada kelelahan emosional namun tidak secara penuh. Sehingga, H1 diterima, H2 diterima namun tidak signifikan, H3 ditolak, H4 dan H5 diterima namun tidak signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah surface acting dapat meningkatkan kelelahan emosional, sedangkan deep acting dapat menurunkan tingkat kelelahan emosional namun tidak cukup kuat pengaruhnya, selanjutnya untuk kecerdasan emosional tidak dapat menurunkan kelelahan emosional karyawan, namun kecerdasan emosional dapat memoderasi pengaruh surface acting dan deep acting terhadap kelelahan emosional, meskipun pengaruh moderasi keduanya belum cukup kuat. Saran untuk perusahaan agar memberikan pelatihan untuk meningkatkan kecerdasan emosional karyawan serta mengadakan kegiatan yang dapat merefresh pikiran, seperti kegiatan olahraga bersama untuk menurunkan tingkat kelelahan emosional karyawan. Saran untuk penelitian mendatang, diharapkan dapat mengembangkan variabel selain kecerdasan emosional yang dapat memoderasi penuh pengaruh surface acting dan deep acting pada kelelahan emosional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Surface Acting, Deep Acting, Kecerdasan Emosional, Kelelahan Emosional
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:58
Last Modified: 07 Dec 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53969

Actions (login required)

View Item View Item