PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATA TENGAH SAWAH GUBUG GROBOGAN


Lailatus Syakdiyah, 7311415067 (2021) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATA TENGAH SAWAH GUBUG GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATA TENGAH SAWAH GUBUG GROBOGAN] PDF (PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATA TENGAH SAWAH GUBUG GROBOGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan suatu perjalanan yang dilakukan secara individu atau kelompok dari suatu tempat ke tempat lain dengan tujuan rekreasi untuk mendapatkan suatu bentuk kepuasan dan kesenangan semata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh electronic word of mouth, motivasi, dan keputusan berkunjung terhadap kepuasan berkunjung Wisata Tengah Sawah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengunjung Wisata Tengah Sawah Gubug Grobogan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 115 orang dengan menggunakan accidental sampling dengan pendekatan probability sampling. Motode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis (uji t dan analisis jalur) dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel electronic word of mouth, motivasi, dan keputusan berkunjung berpengaruh positif terhadap kepuasan berkunjung. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa variabel keputusan berkunjung mampu memediasi variabel electronic word of mouth dan motivasi terhadap variabel kepuasan berkunjung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah electronic word of mouth, motivasi, dan keputusan berkunjung mampu meningkatkan kepuasan berkunjung. Keputusan berkunjung juga memediasi electronic word of mouth dan motivasi terhadap kepuasan berkunjung. Pihak pengelola Wisata Tengah Sawah disarankan untuk mempertahankan dan meningkatkan electronic word of mouth yang selama ini dilakukan melalui facebook dan sosial media lainnya. Pengelola juga disarankan untuk mempertahankan dan meningkatkan motivasi pada Wisata Tengah Sawah misalnya menjaga dan merawat fasilitas objek wisata, menambah tempat sampah untuk diletakkan disetiap sudut wisata, serta menjaga kebersihan objek wisata. Peneliti sadar bahwa dalam penelitian ini masih terdapat kekurangan. Dalam penelitian ini hanya menggunakan satu objek wisata maka dari itu untuk peneliti selanjutnya disarankan menggunakan variabel yang sama yaitu electronic word of mouth, motivasi, keputusan berkunjung dan kepuasan berkunjung untuk dicoba pada objek wisata lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Motivasi, Keputusan Berkunjung, Kepuasan Berkunjung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Dec 2022 00:01
Last Modified: 07 Dec 2022 00:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53964

Actions (login required)

View Item View Item