PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN FASILITAS GOOGLE CLASSROOM DAN EDMODO MATERI ANGKA KECUKUPAN GIZI DI SMK N 2 TEMANGGUNG


Rizqina, 5404416032 (2021) PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN FASILITAS GOOGLE CLASSROOM DAN EDMODO MATERI ANGKA KECUKUPAN GIZI DI SMK N 2 TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN  KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE  MENGGUNAKAN FASILITAS GOOGLE CLASSROOM DAN EDMODO MATERI ANGKA KECUKUPAN GIZI DI SMK N 2 TEMANGGUNG] PDF (PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN FASILITAS GOOGLE CLASSROOM DAN EDMODO MATERI ANGKA KECUKUPAN GIZI DI SMK N 2 TEMANGGUNG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan kognitif siswa Kelas X Tata Boga SMK N 2 Temanggung pada materi angka kecukupan gizi belum optimal diambah lagi adanya pandemi covid 19 saat ini. Hal tersebut memerlukan sebuah upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada. salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melaksanakan pembelajaran online menggunakan fasilitas Google Classroom atau Edmodo. Tujuan penelitian yaitu : (1) mengetahui kemampuan kognitif dan keaktifan siswa setelah diterapkan pembelajaran online menggunakan Google Classroom di SMK N 2 Temanggung. (2). Mengetahui kemampuan kognitif dan keaktifan siswa setelah diterapkan pembelajaran online menggunakan Edmodo di SMK N 2 Temanggung. (3). Mengetahui perbandingan peningkatan pembelajaran online menggunakan Google Classroom dengan menggunakan Edmodo terhadap kemampuan kognitif dan keaktifan siswa di SMK N 2 Temanggung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan model eksperimen semu yang dilakukan berdasarkan metode non equivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa Kelas X sebanyak 71 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X Tata Boga 1 sebagai kelas yang menerapkan pembelajaran online menggunakan Edmodo dan kelas X Tata Boga 2 sebagai kelas yang menerapkan pembelajaran online menggunakan Google Classroom. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test dengan bantuan SPSS 16 for windows. Penelitian ini menghasilkan rata rata prosentase kemampuan kognitif siswa pada kelas Edmodo lebih tinggi daripada kelas Google Classroom. Perhitungan menggunakan SPSS 16 for windows menghasilkan nilai t hitung sebesar 0,286 dengan nilai signifikansi sebesar 0,776. Nilai t tabel pada derajad bebas 56 dan taraf nyata 0,05 sebesar 2,003. Apabila dilakukan perbandingan maka t hitung < t tabel atau nilai signifikansi lebih besar 0,05 dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kognitif siswa pada kedua kelas tersebut. Keaktifan siswa rata rata pada kelas Edmodo menghasilkan 26,85% sedangkan pada kelas Google Classroom menghasilkan 32,37%. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran online menggunakan fasilitas Edmodo lebih dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dibanding dengan pembelajaran online menggunakan fasilitas Google Classroom akan tetapi Google Classroom lebih dapat meningkatkan keaktifan siswa daripada Edmodo

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Edmodo, Google Classroom, keaktifan siswa, kemampuan kognitif, pembelajaran online
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:47
Last Modified: 06 Dec 2022 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53961

Actions (login required)

View Item View Item