PENGARUH DIVIDEN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Agriculture Yang Terdaftar Di BEI Periode 2014-2018)


Izzuddin Al Jundy, 7311414169 (2021) PENGARUH DIVIDEN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Agriculture Yang Terdaftar Di BEI Periode 2014-2018). Post-Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DIVIDEN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Agriculture Yang Terdaftar Di BEI Periode 2014-2018)] PDF (PENGARUH DIVIDEN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Agriculture Yang Terdaftar Di BEI Periode 2014-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari pendirian perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan, yang ditunjukkan pada nilai jual perusahaan. Investor memerlukan informasi mengenai kondisi perusahaan dalam upaya menentukan nilai perusahaan yang sebenarnya, sayangnya terdapat informasi yang berkaitan dengan kondisi perusahaan yang hanya dimiliki oleh manajer, oleh sebab itu perlu adanya transfer informasi dari manajer kepada investor. Informasi kebijakan dividen penting karena dividen merupakan salah satu sumber pendapatan investor, sedangkan profitabilitas dan leverage dapat dijadikan acuan mengenai prospek masa depan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dividen, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor agriculture yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 85 observasi. Pengolahan data menggunakan Stata MP 16. Teknik analisa yang dipakai dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yaitu untuk mengetahui pengaruh dividen, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil uji statistik dan nilai adjusted R-Square, ditemukan bahwa dividen berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Simpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian adalah informasi peningkatan dividen, profitabilitas, dan leverage merupakan sinyal yang tidak efektif untuk mengurangi asimetri informasi mengenai perbedaan prospek perusahaan dengan perusahaan lainnya pada sektor agriculture. Saran dalam penelitian ini bagi peneliti selanjutnya. Penelitian selanjutnya diharapkan penelitian selanjutnya tidak menggunakan dividen, profitabilitas, dan leverage sebagai variabel independen dan mempertimbangkan berita positif yang dirilis oleh perusahaan seperti pemberitaan Corporate Social Responsibility (CSR).

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan, Dividen, Dividend Per Share, Profitabilitas, Return On Asset, Leverage, Debt Equity Ratio, Bursa Efek Indonesia.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:55
Last Modified: 06 Dec 2022 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53959

Actions (login required)

View Item View Item