PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN LABA, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris Perusahaan Perbankan Terdaftar di BEI Periode 2017-2019)


Maratul Arifah, 7211417151 (2021) PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN LABA, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris Perusahaan Perbankan Terdaftar di BEI Periode 2017-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN LABA, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris Perusahaan Perbankan Terdaftar di BEI Periode 2017-2019)] PDF (PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN LABA, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris Perusahaan Perbankan Terdaftar di BEI Periode 2017-2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengungkapan modal intelektual merupakan salah satu informasi yang perlu diungkapkan oleh perusahaan. Pengungkapan modal intelektual dianggap penting dalam meningkatkan citra perusahaan serta memberikan informasi yang lebih komprehensif kepada pihak eksternal perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage, pertumbuhan laba, dan kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan modal intelektual serta peran ukuran perusahaan sebagai pemoderasi. Ukuran perusahaan dipilih sebagai variabel pemoderasi karena perusahaan yang besar cenderung memiliki konflik keagenan yang tinggi sehingga perusahaan cenderung melakukan pengungkapan informasi secara komprehensif guna meminimalisir konflik yang mungkin timbul. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar pada BEI tahun 2017-2019 sejumlah 45 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih 28 perusahaan perbankan dengan 79 unit analisis. Peneltian ini menggunakan teknik dokumentasi dalam mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi moderasi dengan menggunakan uji selisih mutlak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif signifikan dan pertumbuhan laba tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual. Sedangkan, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap pengungkapan modal intelektual. Ukuran perusahaan mampu memoderasi secara signifikan dalam memperlemah pengaruh kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan modal intelektual. Namun, ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi secara signifikan pengaruh leverage dan pertumbuhan laba terhadap pengungkapan modal intelektual. Saran dari penelitian ini, nilai rata-rata pengungkapan modal intelektual menunjukkan nilai sedang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa pengungkapan modal intelektual dianggap penting saat ini. Oleh karena itu, perusahaan dengan pengungkapan modal intelektual yang masih rendah dapat meningkatkan item pengungkapan modal intelektualnya dalam annual report perusahaan. Kemudian untuk penelitian selanjutnya, dapat menambahkan sampel sehingga sampel yang dimiliki lebih luas serta menambahkan rentang tahun penelitian agar diperoleh hasil penelitian yang maksimal. Selain itu, dapat menggunakan proksi lain dalam mengukur variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Modal Intelektual, Leverage, Pertumbuhan Laba, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:28
Last Modified: 06 Dec 2022 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53935

Actions (login required)

View Item View Item