KELAYAKAN HAVER (OATS) DAN MINYAK ZAITUN (OLIVE OIL) SEBAGAI SABUN SCRUB PADAT UNTUK KULIT KERING


Saviera Agustina Cahyaputeri, 5402417043 (2021) KELAYAKAN HAVER (OATS) DAN MINYAK ZAITUN (OLIVE OIL) SEBAGAI SABUN SCRUB PADAT UNTUK KULIT KERING. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KELAYAKAN HAVER (OATS) DAN MINYAK ZAITUN (OLIVE OIL)  SEBAGAI SABUN SCRUB PADAT UNTUK KULIT KERING] PDF (KELAYAKAN HAVER (OATS) DAN MINYAK ZAITUN (OLIVE OIL) SEBAGAI SABUN SCRUB PADAT UNTUK KULIT KERING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sabun scrub padat merupakan pembersih badan yang dirancang untuk membantu membersihkan kotoran yang tidak dapat terangkat oleh air dan mengangkat kulit mati sehingga dapat membantu regenerasi kulit secara praktis dengan bentuk padatnya. Penggunaan haver (oats) dan minyak zaitun (Olive Oil) dalam bahan baku diharapkan mampu meningkatkan kebersihan dan kelembapan kulit terutama pada jenis kulit kering. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk sabun scrub padat dari haver dan minyak zaitun untuk kulit kering terutama pada bagian tangan dan kaki. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar uji inderawi, uji kesukaan, dan uji klinis. Uji inderawi dilakukan oleh 3 panelis ahli dengan indikator aroma, warna, tekstur, bentuk, dan sensitivitas baik sesudah maupun sebelum pemakaian. Uji kesukaan dilakukan oleh 15 panelis agak terlatih dengan indikator aroma, warna, tekstur, bentuk,kemudahan pemakaian, kemudahan pembersihan, dan kesan setelah pemakaian. Uji klinis dilakukan oleh 3 panelis ahli terhadap 15 responden dengan indikator tingkat kelembapan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil uji pH melalui uji lab yang dilakukan di UPTD Laboratorium Lingkungan Kebumen, mengetahui kelayakan sabun scrub padat dari haver dan minyak zaitun melalui uji inderawi oleh 3 panelis ahli, uji kesukaan oleh 15 panelis agak ahli, dan uji klinis oleh 3 panelis ahli. Sabun scrub padat dari haver dan minyak zaitun untuk kulit kering dari uji laboratorium dinyatakan memiliki nilai ph sebesar 9,96. Hasil uji inderawi dari penilaian panelis ahli dinyatakan sangat layak dengan nilai rata-rata total sebesar 90,28%. Hasil uji kesukaan dari penilaian panelis agak ahli dinyatakan sangat suka dengan nilai rata-rata total 87,38%. Hasil uji klinis terhadap kelembaban kulit dinyatakan memiliki kenaikan dengan rata-rata total 24,23% pada tangan dan 26,68% pada kaki dan uji klnis sensitivitas 100% tidak menimbulkan reaksi alergi. Simpulan dari penelitian ini adalah produk sabun scrub padat dari haver dan minyak zaitun untuk kulit kering berdasarkan hasil uji inderawi produk dinyatakan sangat layak, hasil uji kesukaan dinyatakan sangat suka, dan hasil uji klinis terdapat adanya perubahan kenaikan pada kelembapan kulit serta tidak adanya reaksi alergi yang ditimbulkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sabun, scrub, kulit kering, haver, minyak zaitun
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:09
Last Modified: 06 Dec 2022 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53908

Actions (login required)

View Item View Item