PEMANFAATAN LIMBAH KULIT JAGUNG SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN BAKI HANTARAN PERNIKAHAN


Kharina Rahmadhani, 5402417025 (2021) PEMANFAATAN LIMBAH KULIT JAGUNG SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN BAKI HANTARAN PERNIKAHAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMANFAATAN LIMBAH KULIT JAGUNG  SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN BAKI HANTARAN  PERNIKAHAN] PDF (PEMANFAATAN LIMBAH KULIT JAGUNG SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN BAKI HANTARAN PERNIKAHAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya pemanfaatan keseluruhan bagian tanaman jagung yang menyebakan penumpukan limbah di wilayah Kabupaten Boyolali, salah satu nya adalah bagian kulit jagung. Tujuan dari penelitian ini: (1) mengetahui tingkat validitas baki hantaran dari limbah kulit jagung dan (2) mengetahui tingkat kebermanfaatan baki hantaran dari limbah kulit jagung melalui uji kesukaan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah pengembangan (Reaserch and Development) dan metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan subjek penelitian adalah 3 panelis ahli, kelompok kecil dan 15 orang dari kelompok besar. Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan baki hantaran dari limbah kulit jagung dinyatakan sangat valid oleh 3 panelis ahli berdasarkan indikator penilaian bentuk dan ukuran, warna, kekuatan, dan hasil akhir. Baki hantaran A1 dengan 98%, A2 dengan 98%, A3 dengan 90%, dan lingkaran 100%. Sedangkan dari kelompok kecil A1 dengan 96.25%, A2 dengan 93,75%, A3 dengan 93,5% dan A4 dengan 98,75%. Untuk uji kesukaan oleh 15 panelis tidak ahli, A1 dengan 93%, A2 denngan 90%, A3 dengan 89%, dan A4 dengan 93%. Simpulan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan limbah kulit jagung menjadi baki hantaran dinyatakan valid dan disukai oleh masyarakat. Saran untuk penelitian ini masih dapat dikembangan dengan berbagai teknik dan bahan inovatif yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Limbah Kulit Jagung, Kerajinan, Baki Hantaran Pernikahan
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:55
Last Modified: 06 Dec 2022 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53906

Actions (login required)

View Item View Item