PENGARUH STRUKTUR MODAL, LEVERAGE, DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Mochamad Gagas Bumintoro, 7211417086 (2021) PENGARUH STRUKTUR MODAL, LEVERAGE, DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRUKTUR MODAL, LEVERAGE, DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING] PDF (PENGARUH STRUKTUR MODAL, LEVERAGE, DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan adalah pandangan investor terhadap level keberhasilan perusahaan yang berkaitan erat dengan harga saham perusahaan tersebut. Hal ini dapat diartikan bahwa ukuran kesuksesan perusahaan dilihat dari kemampuan perusahaan dalam memakmurkan para pemegang saham. Perusahaan dengan harga saham yang tinggi, maka nilainya pun ikut tinggi. Hal ini berdampak positif dalam meningkatnya kepercayaan pasar, tak hanya kepercayaan pasar pada saat ini, namun juga prospek perusahaan dimasa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur modal, leverage dan, corporate social responsibility, dengan menambahkan profitabilitas sebagai variabel yang memoderasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor konsumsi masyarakat yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling yang mana didasarkan pada kriteria yang ditetapkan peneliti dan memperoleh 165 unit analisis yang menjadi objek pengamatan. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu laporan keuangan dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi moderasi dengan uji interaksi. Penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS 21 sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian membuktikan secara empiris bahwa variabel struktur modal dan leverage mampu berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Selanjutnya, profitabilitas mampu memoderasi pengaruh variabel struktur modal dan leverage terhadap nilai perusahaan. Namun, profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh variabel corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat memperluas sampel perusahaan dari berbagai sektor dan periode penelitian. Selanjutnya peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Dalam mengukur variabel , diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggunakan pengukuran atau metode lain untuk mengukur tiap variabel

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Struktur Modal, Leverage, Corporate social responsibility, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:12
Last Modified: 05 Dec 2022 08:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53894

Actions (login required)

View Item View Item