KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn
Novi Setyasto, - (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn. Joyful Learning Journal, 10 (1). pp. 37-41. ISSN 2252-6366
PDF
Download (894kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumen berupa hasil belajar di kelas IV SDN Gugus Fatmawati Semarang diperoleh hasil belajar PPKn yang kurang maksimal dikarenakan model yang digunakan oleh guru belum dilaksanakan secara optimal serta kurang memanfaatkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran problem-based learning berbantuan microsoft sway terhadap hasil belajar PPKn serta mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control grup desgin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem-based learning berbantuan microsoft sway efektif digunakan pada pembelajaran PPKn materi keragaman budaya di Indonesia. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,845569 > ttabel = 1,9925 maka Ho ditolak yang berarti model pembelajaran problem-based learning berbantuan microsoft sway lebih efektif terhadap hasil belajar PPKn. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 0,42391304 dengan kategori sedang sedangkan kelas kontrol sebesar 0,08634 dengan kategori rendah. Pengamatan aktivitas peserta didik dengan menggunakan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 72% dibandingkan kelas kontrol yaitu 50%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran problem-based learning berbantuan microsoft sway efektif digunakan pada pembelajaran PPKn dan meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pbl, Microsoft sway, civicv education |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 03:40 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 03:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53872 |
Actions (login required)
View Item |