PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN SPARKOL VIDEOSCRIBE MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA


Novi Setyasto, - (2020) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN SPARKOL VIDEOSCRIBE MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA. Joyful Learning Journal, 9 (3). pp. 138-142. ISSN 2252-6366

[thumbnail of 2020 Jurnal Joyful Learning Novi - Novi Setyasto.pdf] PDF
Download (737kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan, menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran video animasi berbantuan sparkol videoscribe dalam pembelajaran IPS materi keragaman budaya di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Manyaran 01 Semarang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan media, analisis tanggapan guru dan siswa, uji normalitas, uji gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi berbantuan sparkol videoscribe layak digunakan dalam pembelajaran, berdasarkan penilaian ahli media 92,86% (sangat layak), materi 90% (sangat layak), dan bahasa 87,5% (sangat layak). Persentase tanggapan guru sebesar 100% dengan kriteria sangat baik dan persentase tanggapan siswa sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Video animasi berbantuan sparkol videoscribe efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV berdasarkan uji gain nilai pretest dan posttest sebesar 0,462 dengan kategori sedang. Uji hipotesis dengan uji paired sampel t-test diperoleh nilai signifikasi 2-tailed < α yaitu 0,00 < 0,05 sehingga Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah video animasi berbantuan sparkol videoscribe yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran siswa kelas IV SDN Manyaran 01 Semarang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Animation video; social studies; sparkol videoscribe
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:23
Last Modified: 05 Dec 2022 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53866

Actions (login required)

View Item View Item