Peningkatan Perekonomian Penduduk melalui Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Desa Kemojan Kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara


Indah Fajarini Sri Wahyuningrum, - (2020) Peningkatan Perekonomian Penduduk melalui Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Desa Kemojan Kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Prosiding Seminar NAsional Pengabdian kepada MAsyarakat Kolaborasi UNDIP-UNNES 2020. pp. 10-12.

[thumbnail of 16-895-1-PB.pdf] PDF
Download (465kB)

Abstract

Sebagai lokasi wisata andalan di Kabupaten Jepara, Pulau Karimunjawa adalah salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup besar. Pulau Karimunjawa juga memiliki kekuatan yang cukup potensial dalam menambah pendapatan daerah serta peningkatan perekonomian di kalangan warga. Akan tetapi hanya beberapa obyek wisata yang berkembang secara pesat, sedangkan beberapa yang lainnya semakin mengalami kemunduran. Banyak objek wisata yang belum dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Padahal apabila di kelola dengan baik, selain akan menambah jumlah kunjungan wisatawan juga dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat lewat mulltiplayer effect yang di timbulkan dengan berkembangnya suatu objek wisata. Oleh karena itu diperlukan suatu Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Desa Kemojan, Pulau Karimunjawa. Diharapkan dapat menciptakan kerjasama yang sinergis antara perangkat desa dengan perangkat desa dengan masyarakat desa Kemojan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatnya pendapatan ekonomi khususnya masyarakat di desa Kemojan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan wisata di Pulau Karimunjawa. Adanya peningkatan kesadaran ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Metode pelatihan menggunakan metode ceramah, praktik dan pendampingan itensif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karimunjawa, Pariwisata, POKDARWIS
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:58
Last Modified: 05 Dec 2022 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53861

Actions (login required)

View Item View Item