KAJIAN EKSPRESI DAN MAKNA SIMBOLIK MOTIF BATIK “NUANSA ESTETIKA DALAM HARMONI FLORA, BANGUNAN DAN LOGO UNNES”


Fajriyatus Sufia, .5401417028 (2021) KAJIAN EKSPRESI DAN MAKNA SIMBOLIK MOTIF BATIK “NUANSA ESTETIKA DALAM HARMONI FLORA, BANGUNAN DAN LOGO UNNES”. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KAJIAN EKSPRESI DAN MAKNA SIMBOLIK MOTIF BATIK  “NUANSA ESTETIKA DALAM HARMONI FLORA, BANGUNAN  DAN LOGO UNNES”] PDF (KAJIAN EKSPRESI DAN MAKNA SIMBOLIK MOTIF BATIK “NUANSA ESTETIKA DALAM HARMONI FLORA, BANGUNAN DAN LOGO UNNES”) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelestarian flora dan bangunan yang ada di UNNES saat ini hanya mampu dilestarikan secara habitat dan didokumentasikan dalam bentuk buku saja. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melestarikannya. Salah satunya yaitu memvisualisasikannya ke dalam motif batik. Dari situlah, peneliti ingin mengkaji ekspresi dan makna simbolik pada motif batik ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini bahwa ekspresi dapat muncul dari sumber ide, warna dan bentuk dari objek yang diamati. Dari beberapa komponen motif yang terdapat pada batik, dapat diambil motif yang paling utama yaitu Motif bangunan Rumah Ilmu UNNES. Berdasarkan tingkat penafsiran, Rumah Ilmu merupakan bangunan yang kokoh dan memiliki nuansa megah serta nyaman. Berdaarkan tingkat operasional, Rumah Imu merupakan ssebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat pengembang peradaban. Berdasarkan tingkat posisional, Rumah Ilmu dapat dihubungkan dengan makna tempat ibadah karena kedua bangunan ini sama-sama memiliki makna sebuh tempat yang nyaman dan memberi kedamaian. Kesimpulannya, dari peneliian ini kita dapat mengetahui ekspresi dan makna simbolik pada motif batik ini. Saran untuk kedepannya, perlu adanya pengembangan tentang kajian batik ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekspresi, Makna Simbolik, Flora, Bangunan, Logo UNNES
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:52
Last Modified: 05 Dec 2022 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53848

Actions (login required)

View Item View Item