Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dalam Asesmen Higher Order Thinking


Sulhadi, dkk (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dalam Asesmen Higher Order Thinking. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2020:, 3 (1). pp. 590-597. ISSN 2686 6404

[thumbnail of Salinan 2021_Prosnampas_Nofrina dkk - sulhadi pati.pdf] PDF
Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika dalam asesmen Higher Order Thinking. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4 SMA Negeri 8 Semarang. Pengujian penelitian menggunakan metode One-Shot Case Study. Asesmen Higher Order Thinking yang digunakan dalam penelitian menggunakan asesmen yang telah siap dan telah dilakukan ujicoba soal. Soal yang digunakan adalah pilihan ganda beralasan dengan setiap butir soal mengandung keempat aspek untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah fisika. Berdasarkan dari penelitian menunjukkan hasil pada kelas eksperimen X MIPA 4 sebesar: mengenali masalah 80,3%; merencanakan strategi 78,8%; menerapkan strategi 75,9%; dan mengevaluasi solusi 75,5%. Sedangkan hasil pada kelas kontrol X MIPA 2 menunjukkan persentase sebesar: mengenali masalah 75,5%; merencanakan strategi 68,7%; menerapkan strategi 67,2%; dan mengevaluasi solusi 54,3%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, asesmen, Higher Order Thinking
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:29
Last Modified: 02 Dec 2022 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53828

Actions (login required)

View Item View Item