PENUMBUHAN KARAKTER CINTA ALAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER IKATAN PELAJAR PECINTA ALAM (IPPA) DI MAN 1 BANJARNEGARA
Khusnul Khotimah, 3301416015 (2021) PENUMBUHAN KARAKTER CINTA ALAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER IKATAN PELAJAR PECINTA ALAM (IPPA) DI MAN 1 BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Saat ini kegiatan alam sedang menjadi tren pada kalangan pemuda dan beranggapan memiliki karakter cinta alam. Tetapi pada kenyataanya kerusakan lingkungan masih saja terjadi di karenakan masih acuh terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, perlu adanya kegiatan sebagai wadah untuk penumbuhan karakter cinta alam. Salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler Ikatan Pelajar Pecinta Alam (IPPA) di MAN 1 Banjarnegara. Penumbuhan karakter cinta alam dalam kegiatan ekstrakurikuler IPPA yaitu melalui beberapa program kerja. Adanya program kerja diharapkan menjadi cara dan kebiasaan untuk menjaga dan melestarikan alam bagi anggota IPPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja karakter cinta alam yang ditumbuhkan dalam kegiatan ekstrakurikuler IPPA, bagaimana penumbuhan karakter cinta alam dalam kegiatan ekstrakurikuler IPPA, serta faktor pendukung dan penghambat penumbuhan karakter cinta alam dalam kegiatan ekstrakurikuler IPPA di MAN 1 Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dilaksanakan di MAN 1 Banjarnegara. Sumber data terdiri dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian 1) Karakter cinta alam dalam kegiatan ekstrakurikuler IPPA di MAN 1 Banjarnegara merupakan perwujudan dari indikator cinta alam yaitu menjaga dan melestarikan alam sekitar dengan melakukan kegiatan seperti jumat bersih, tanamisasi, bersih sungai, penanaman pohon, dan bakti sosial. Dengan melakukan kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, kreatif, peduli lingkungan, dan peduli sosial. 2) Penumbuhan karakter cinta alam dalam kegiatan ekstrakurikuler IPPA di MAN 1 Banjarnegara dilakukan dengan melaksanakan beberapa program kerja. Program kerja IPPA MAN Banjarnegara di bawah tanggung jawab devisi seperti Pengurus Harian, Devisi Pengembangan Skill, Devisi Lingkungan Hidup, Hutan, dan Gunung, Devisi Peralatan, Devisi Kewirausahaan, dan Devisi Humas dan Dokumentasi. Metode pendidikan karakter yang digunakan dengan pembiasaan, pengajaran dan keteladanan. 3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat secara internal dan eksternal penumbuhan karakter cinta alam dalam kegiatan ekstrakurikuler IPPA di MAN 1 Banjarnegara. Faktor pendukung yaitu antusias anggota IPPA, pembina IPPA, sarana dan prasarana, alumni IPPA dan dukunganviii Sekber PAB. Sedangkan faktor penghambat yaitu pemahaman orang tua terhadap IPPA, manajemen kegiatan, dan modul IPPA. Saran yang diberikan penulis yaitu 1) Kepala MAN 1 Banjarnegara untuk memberikan pemahaman kepada orang tua bahwa kegiatan IPPA merupakan kegiatan di bidang lingkungan, di alam bebas dan didampingi oleh orang terlatih. 2) Pengurus hendaknya mempersiapkan kegiatan insidental sebagai pengganti kegiatan yang tidak terlaksana. 3) Anggota IPPA hendaknya mempunyai pegangan materi sendiri agar sesuai dengan visi misi IPPA sehingga ekstrakurikuler IPPA MAN 1 Banjarnegara mempunyai ciri khas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penumbuhan Karakter, Cinta Alam, Ekstrakurikuler Ikatan Pelajar Pecinta Alam |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 03:51 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 03:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53827 |
Actions (login required)
View Item |