FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Aini Sa’adah, .5401417010 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MINAT  BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUSAN  PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA  UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data yang diambil dari Himpunan Mahasiswa Wirausaha (HMW) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang tahun 2020, mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang berwirausaha berkisar 39%. Pembelajaran serta usaha yang telah dibentuk dan dipraktekkan selama di bangku perkuliahan sudah terlaksana dengan baik. Akan tetapi usaha tersebut tidak dilanjutkan, karena adanya beberapa faktor penghambat menjadi alasan utama mengapa mahasiswa tidak melanjutkan usaha yang telah dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mendorong minat berwirausaha pada mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Semarang, mulai dari faktor internal sampai faktor eksternal. Kedua faktor tersebut saling berkaitan erat, hal tersebut dimungkinkan akan mendorong minat berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah sampel 80 dari 387 populasi yang merupakan mahasiswa aktif angkatan 2017 dan 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner, dan analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat berwirausaha pada mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Semarang dalam kategori tinggi yaitu sebesar 80,63%. Dari faktor-faktor yang mendorong minat berwirausaha tersebut, dilihat dari faktor yang paling berpengaruh yaitu faktor keinginan (motivasi) sebesar 26,22% (faktor internal) dan yang terakhir kondisi keluarga sebesar 23,50% (faktor eksternnal). Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih mengembangkan dan mempeluas penelitian, bagi orangtua diharapkan lebih bisa mendukung anaknya yang memilih untuk membuka sebuah usaha, dan bagi dosen dan kampus untuk lebih membimbing mahasiswanya untuk lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Kewirausahaan, Mahasiswa
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:10
Last Modified: 02 Dec 2022 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53814

Actions (login required)

View Item View Item