PENGARUH WARNA PADA MAKANAN TERHADAP MINAT JAJAN ANAK DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR


Kekar Yudis H, .5401416036 (2021) PENGARUH WARNA PADA MAKANAN TERHADAP MINAT JAJAN ANAK DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH WARNA PADA MAKANAN TERHADAP  MINAT JAJAN ANAK DI LINGKUNGAN SEKOLAH  DASAR] PDF (PENGARUH WARNA PADA MAKANAN TERHADAP MINAT JAJAN ANAK DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia sekolah memiliki kebiasaan jajan yang sulit untuk dihilangkan, sedangkan makanan jajanan yang tidak memenuhi syarat kesehatan dan gizi akan mengancam kesehatan anak sehingga diperlukan kemampuan anak dalam pemilihan jajanan yang tepat. Saat ini sering kita jumpai makanan jajanan anak sekolah yang beraneka ragam dan beraneka warna dimana pangan jajanan tersebut teridentifikasi menggunakan zat yang berbahaya seperti pengawet dan pewarna makanan. Anak-anak akan cenderung memilih makanan dari warna dan penampilan yang menarik untuk mereka konsumsi tanpa tahu bahan apa yang ditambahkan dalam makanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pemilihan jajanan pada anak di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menghasilka data bersifat deskriptif berupa kata-kata dan angka. Data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi didukung pedoman berdasarkan fokus penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ii yaitu dengan studi dokumentasi dan teknik wawancara. Kemudian data dianalisis dengan cara direduksi data, kemudian penyajian data, dan kemudian ditarik kesimpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh warna pada makanan terhadap minat jajan anak di lingkungan sekolah dasar. Hal ini ditandai dengan 10 anak menyatakan bahwa menyukai makanan yang memiliki warna. warna pada makanan yang lebih menarik perhatian anak sekolah adalah warna campuran dan biru. Hal ini ditandai dengan 8 anak memilih makanan yang memiliki warna biru dan campuran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak Sekolah, Makanan, Warna
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 02 Dec 2022 01:52
Last Modified: 02 Dec 2022 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53811

Actions (login required)

View Item View Item