ANALISIS TINGKAT STRES TERKAIT KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II (Studi Kasus Pada Lansia di Puskesmas Secang I)


Melina Haryono, 6511417054 (2021) ANALISIS TINGKAT STRES TERKAIT KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II (Studi Kasus Pada Lansia di Puskesmas Secang I). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6511417054 - Melina Haryono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Diabetes Melitus adalah penyakit kronis berupa gangguan metabolisme yang ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Diabetes Melitus adalah mother of all disease. Komplikasi Diabetes Melitus bisa timbul dari ujung kepala hingga ke ujung kaki, mulai dari penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal yang membahayakan. Kadar gula darah pada pasien Diabetes Melitus dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu stres. Stres yang terjadi pada penderita Diabetes Melitus mengakibatkan produksi kortisol menjadi berlebih sehingga menurunkan kepekaan tubuh terhadap insulin dan meningkatkan kadar gula darah. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan metode consecutive sampling. Jumlah subjek sebanyak 85 pasien Diabetes Melitus. Data stres diukur menggunakan kuesioner Depression, Anxiety, and Stress Scale (DASS�21), data gula darah pasien Diabetes Melitus diukur menggunakan glukometer. Kategori stres yang diteliti adalah stres normal, stres ringan, dan stres sedang. Sedangkan pemeriksaan gula darah yang digunakan adalah gula darah sewaktu dan dikatakan gula darah normal apabila 80-200 mg/dl dan tinggi apabila >200 mg/dL. Data analisis menggunakan uji Chi-Square. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji Chi-Square diketahui bahwa ada hubungan antara tingkat stres dengan kadar gula darah pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas Secang I (p=0,017). Stres merupakan salah satu penyebab dari peningkatan kadar gula darah pada pasien Diabetes Melitus. Saran peneliti adalah agar masyarakat dapat memperhatikan kondisi psikologis terutama pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2 sehingga dapat menghindari stres sebagai upaya pengontrolan gula darah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus, gula darah, stres
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:20
Last Modified: 01 Dec 2022 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53805

Actions (login required)

View Item View Item