HUBUNGAN STATUS IBU BEKERJA, POLA ASUH MAKAN, PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN PICKY EATER PADA ANAK USIA PRASEKOLAH


Frizma Yuanita Pangestuti, 6511417046 (2021) HUBUNGAN STATUS IBU BEKERJA, POLA ASUH MAKAN, PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN PICKY EATER PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6511417046 - Frizma Yuanita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pilih-pilih makanan (picky eating) sering terjadi dalam perkembangan perilaku makan anak yang dapat menyebabkan gizi kurang. Prevalensi balita gizi kurang di Jawa Tengah mencapai 13,68% sedangkan di Kota Semarang tahun 2018 prevalensinya meningkat dari tahun 2017 menjadi 2,43%. Hasil studi pendahuluan di TK IT Al Kamilah sebanyak 60% anak mengalami picky eater. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan status ibu bekerja, pola asuh makan, pemberian ASI eksklusif dengan kejadian picky eater pada anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional, dengan sampel sebanyak 89 responden ditentukan dengan menggunakan metode stratified random sampling dan diukur menggunakan kuesioner CEBQ dan PFSQ. Variabel bebas yang diteliti adalah status ibu bekerja, pola asuh makan, pemberian ASI eksklusif dan variabel terikat yang diteliti adalah kejadian picky eater. Analisis data dilakukan dengan uji chi square dan uji kolmogorov smirnov (α=0,05). Terdapat hubungan antara variabel status ibu bekerja dengan kejadian picky eater (p-value=0,044), variabel pola asuh makan (p-value=0,997) dan pemberian ASI eksklusif (p-value=0,331) tidak ada hubungan dengan kejadian picky eater. Ibu perlu memperhatikan pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya pada penerimaan makan anak, serta preferensi makan Ibu selama kehamilan dan menyusui sebagai awal pengenalan rasa dan meminimalisir anak mengalami picky eater.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak Prasekolah, Picky Eater, Pola Asuh Makan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:04
Last Modified: 01 Dec 2022 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53803

Actions (login required)

View Item View Item