POTENSI NAGASARI FORMULASI TEPUNG JAGUNG (ZEA MAYS L) DAN TEPUNG KACANG HIJAU (VIGNA RADIATE L) SEBAGAI KUDAPAN PMT-P BALITA STUNTING


Nur Afidah, 6511417024 (2021) POTENSI NAGASARI FORMULASI TEPUNG JAGUNG (ZEA MAYS L) DAN TEPUNG KACANG HIJAU (VIGNA RADIATE L) SEBAGAI KUDAPAN PMT-P BALITA STUNTING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6511417024 - Nur Afidah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan gizi stunting yang terjadi pada kelompok usia balita dapat ditangani dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pemulihan. Produk PMT�P yaitu nagasari dengan penambahan tepung jagung, dan tepung kacang hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sifat organoleptik dan nilai proksimat nagasari formulasi tepung jagung dan tepung kacang hijau. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan percobaan merupakan Rancangan Acak Lengkap. Analisis uji organoleptik menggunakan uji Kruskal-Wallis. Sedangkan hasil uji proksimat menggunakan uji Anova. Hasil tingkat kesukaan nagasari formulasi tepung jagung dan tepung kacang hijau secara statistik mutu warna, aroma, rasa dan tekstur memiliki perbedaan bermakna. Hasil analisis data organoleptik menunjukkan terjadi perbedaan pada warna aroma dan tekstur. Nagasari formulasi tepung jagung dan kacang hijau menunjukkan perbedaan kandungan energi, karbohidrat, serat kasar dan kadar air yaitu kandungan akan semakin turun jika semakin banyak tepung jagung dan kacang hijau. Sementara kandungan protein yang lebih tinggi daripada nagasari dengan tepung beras. Kesimpulan: nagasari formulasi 2 (F2) dengan konsentrasi 15% tepung jagung 7,5% tepung kacang hijau disukai dari sifat organoleptik. Sedangkan hasil uji proksimat menunjukkan masih perlu peningkatan presentase bahan supaya memenuhi syarat PMT-P.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nagasari, PMT-P, Jagung, Kacang Hijau, Stunting
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:52
Last Modified: 01 Dec 2022 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53798

Actions (login required)

View Item View Item