Identifikasi Pemahaman dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis PTK MGMP Fisika SMA Kabupaten Rembang


Sulhadi, dkk (2019) Identifikasi Pemahaman dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis PTK MGMP Fisika SMA Kabupaten Rembang. Seminar Nasional Lontar Physics Forum. pp. 60-64.

[thumbnail of Salinan 2019_Lontar-PF-Yuni dkk - sulhadi pati.pdf] PDF
Download (456kB)

Abstract

Artikel ini merupakan laporan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan motivasi guru�guru fisika SMA Kabupaten Rembang dalam menulis dan memublikasikan artikel ilmiah pada jurnal dan/atau prosiding seminar berbasis PTK serta meningkatkan kemampuan dalam menulis artikel ilmiahnya. Khalayak sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru�guru fisika yang tergabung dalam perkumpulan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA Kabupaten Rembang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan pendampingan selama penulisan artikel ilmiah. Secara umum, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah berhasil menumbuhkan motivasi para guru dalam wadah MGMP Fisika SMA Kabupaten Rembang untuk mulai menulis artikel ilmiah dan memublikasikannya. Setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini, sebanyak 82% peserta menyatakan termotivasi mengirimkan manuskrip pada kegiatan seminar. Peserta mendapatkan pengetahuan dan pemahaman baru mengenai PTK, kaidah/tata cara penulisan artikel ilmiah, serta beberapa rujukan jurnal atau kegiatan seminar. Sebanyak 100% peserta pelatihan mengakui mendapatkan pemahaman baru tentang seminar ilmiah dan termotivasi untuk ikut serta dalam kegiatan semacam itu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: artikel ilmiah, PTK, seminar, jurnal.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:21
Last Modified: 01 Dec 2022 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53789

Actions (login required)

View Item View Item