Identifikasi Pemahaman dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis PTK MGMP Fisika SMA Kabupaten Rembang
Sulhadi, dkk (2019) Identifikasi Pemahaman dan Kemampuan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis PTK MGMP Fisika SMA Kabupaten Rembang. Seminar Nasional Lontar Physics Forum. pp. 60-64.
PDF
Download (456kB) |
Abstract
Artikel ini merupakan laporan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2018. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan motivasi guru�guru fisika SMA Kabupaten Rembang dalam menulis dan memublikasikan artikel ilmiah pada jurnal dan/atau prosiding seminar berbasis PTK serta meningkatkan kemampuan dalam menulis artikel ilmiahnya. Khalayak sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru�guru fisika yang tergabung dalam perkumpulan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA Kabupaten Rembang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, dan pendampingan selama penulisan artikel ilmiah. Secara umum, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah berhasil menumbuhkan motivasi para guru dalam wadah MGMP Fisika SMA Kabupaten Rembang untuk mulai menulis artikel ilmiah dan memublikasikannya. Setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini, sebanyak 82% peserta menyatakan termotivasi mengirimkan manuskrip pada kegiatan seminar. Peserta mendapatkan pengetahuan dan pemahaman baru mengenai PTK, kaidah/tata cara penulisan artikel ilmiah, serta beberapa rujukan jurnal atau kegiatan seminar. Sebanyak 100% peserta pelatihan mengakui mendapatkan pemahaman baru tentang seminar ilmiah dan termotivasi untuk ikut serta dalam kegiatan semacam itu.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | artikel ilmiah, PTK, seminar, jurnal. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 06:21 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 06:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53789 |
Actions (login required)
View Item |