FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNNES DALAM MEMBACA LABEL INFORMASI NILAI GIZI


Ayu Melinda, 6511417005 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNNES DALAM MEMBACA LABEL INFORMASI NILAI GIZI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6511417005 - Ayu Melinda.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Membaca label informasi nilai gizi termasuk ke dalam salah satu dari 10 pesan umum gizi seimbang yang harusnya dilakukan oleh konsumen, hal ini nantinya akan berdampak pada kesehatan dan status gizi. Badan Perlindungan Konsumen Indonesia tahun 2013 menyatakan bahwa kesadaran masyarakat dalam memperhatikan komposisi dan membaca label informasi nilai gizi pada pangan masih sangat rendah yaitu hanya 7,9%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dan berhubungan terhadap perilaku seseorang khususnya mahasiswa FIK UNNES dalam membiasakan diri membaca label informasi nilai gizi. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan menggunakan desain cross sectional. Sampel yang ditetapkan yaitu sebesar 100, diambil dari 6 program studi FIK UNNES angkatan 2017-2018 dengan menggunakan rumus slovin dan teknik multistage sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner online. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel jenis kelamin (p-value: 0,006), program studi (p-value: 0,001), tingkat pengetahuan (p-value: 0,005) dan sikap (p�value: 0,000) berhubungan dengan perilaku mahasiswa FIK UNNES dalam menerapkan kebiasaan membaca label informasi nilai gizi. Perlu adanya upaya dalam memperluas informasi terkait pentingnya membaca label informasi nilai gizi, salah satunya yaitu dengan penambahan materi gizi seimbang pada mata kuliah yang berkaitan dengan gizi dan kesehatan sehingga dapat terbentuk perilaku hidup yang sehat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Label informasi nilai gizi, Perilaku, Program Studi, Sikap
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:07
Last Modified: 01 Dec 2022 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53783

Actions (login required)

View Item View Item