ANALISIS FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING DENGAN PENDEKATAN FRAUD PENTAGON THEORY


Itsna Idiyatul Husna, 7211417057 (2021) ANALISIS FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING DENGAN PENDEKATAN FRAUD PENTAGON THEORY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING DENGAN PENDEKATAN FRAUD PENTAGON THEORY] PDF (ANALISIS FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING DENGAN PENDEKATAN FRAUD PENTAGON THEORY) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuagan sebagai media pertanggungjawaban manajemen kepada para pemangku kepentingan. Laporan keuangan berfungsi sebagai sarana informasi untuk pengambilan keputusan. Sehingga, informasi yang disajikan harus valid agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Akan tetapi, laporan keuangan sering kali mengandung kesalahan yang dapat menyesatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh fraud pentagon theory yang diproksikan dengan financial target, financial stability, effective audit committe, external auditor quality, change in auditor, change in director, dan CEO’s Duality terhadap fraudulent financial reporting. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk index LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019 yaitu sejumlah 21 perusahaan dengan total 62 unit analisis. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda melalui perangkat olah data IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial target memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap fraudulent financial reporting. Sementara financial stability, effective audit committe, external auditor quality, change in auditor, change in director, dan CEO’s Duality tidak memiliki pengaruh terhadap fraudulent financial reporting. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi target keuangan yang dirasakan manajemen dapat meningkatkan peluang terjadinya kecurangan laporan keuangan. Saran bagi pemakai laporan keuangan untuk memperhatikan financial target yang dirasakan perusahaan yang dapat di amati melalui ROA. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya direkomendasikan menggunakan proksi yang bervariasi untuk mengukur variabel fraudulent financial reporting.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fraudulent Financial Reporting, Fraud Pentagon, FSD Score
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:29
Last Modified: 01 Dec 2022 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53766

Actions (login required)

View Item View Item