PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA


Devina Maya Hapsari, .5401414033 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO  PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA DI SMK  MUHAMMADIYAH 2 BOJA] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi peneliti di lapangan menunjukkan adanya perubahan kurikulum serta adanya materi baru pada Mata Pelajaran Desain Busana. Salah satu kompetensi yang ada pada Mata Pelajaran Desain Busana adalah membuat desain rok sesuai konsep kolase. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran, ditambah penggunaan media yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video pembelajaran Desain Busana pada materi menerapkan desain rok sesuai konsep kolase di SMK Muhammadiyah 2 Boja dan mengetahui kelayakan media video pembelajaran Desain Busana tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D dengan tahapan (1) Tahap pendefinisian (define), (2) Tahap perancangan (design), (3) Tahap pengembangan (develop) dan (4) Tahap penyebarluasan (disseminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada proses pengembangan (develop) atau penilaian oleh para ahli. Validasi dilakukan oleh 3 ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan pengguna ahli/guru. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini adalah: 1) produk yang telah dikembangkan berupa media pembelajaran video pada materi membuat desain rok sesuai konsep kolase, 2) media pembelajaran video dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan persentase 89%, ahli media dengan persentase 90,8% dan pengguna ahli dengan persentase 89,5%. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan produk berupa media pembelajaran video pada kompetensi dasar membuat desain rok sesuai konsep kolase melalui tahap define, design dan develop. Media pembelajaran video melalui penilaian oleh ahli materi, ahli media dan pengguna ahli dinyatakan sangat layak untuk digunakan sehingga video dapat digunakan dalam pembelajaran Dasar Desain di SMK Muhammadiyah 2 Boja. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian yang serupa yaitu dapat melakukan penelitian hingga menguji keefektifan penggunaan media dan dapat mengembangkan materi pada kompetensi dasar yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video pembelajaran, desain busana
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Dec 2022 03:09
Last Modified: 01 Dec 2022 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53764

Actions (login required)

View Item View Item