Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan CTL Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa


Sulhadi, dkk (2018) Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan CTL Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Physics Education Journal, 7 (2). pp. 94-103. ISSN 2252-6935

[thumbnail of Salinan 2018_UPEJ_Utami dll - sulhadi pati.pdf] PDF
Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental satu kelas eksperimen sebagai objek yang diberi perlakuan, dengan mengadopsi desain one group pretest-posttest. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu dipilih atas pertimbangan atau tujuan tertentu. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengukur afektif, tes untuk pretest dan posttest, dokumentasi untuk bukti kegiatan pembelajaran selama penelitian, dan angket untuk mengetahui respon siswa mengenai model pembelajaran CTL berbantuan media video. Berdasarkan hasil uji peningkatan hasil belajar untuk aspek kognitif diperoleh gain sebesar 0,66 dengan kriteria sedang dan aspek afektifnya diperoleh gain sebesar 0,14 dengan kriteria rendah, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen untuk aspek kognitif sebesar 77,70 dan aspek afektif sebesar 86,72. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan CTL berbantuan video diperoleh melalui pemberian angket. Secara keseluruhan respon siswa dalam kategori baik dengan angka persentase rata-rata 76,81. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu karakteristik media video dalam pembelajaran fisika menggunakan pendekatan CTL berupa kegiatan percobaan untuk pembuktian Hukum Charles. Pembelajaran fisika dengan pendekatan CTL berbantuan video ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketercapaian hasil belajar untuk aspek kognitifnya belum mampu mencapai nilai rata-rata KKM minimal sebesar 76,00.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CTL, learning outcomes, video
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:19
Last Modified: 01 Dec 2022 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53756

Actions (login required)

View Item View Item