PENGARUH FIRM AGE, LEVERAGE DAN FIRM SIZE TERHADAP CORPORATE SOCIAL DISCLOSURE DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)


Wela Tri Estiningsih, 7211417045 (2021) PENGARUH FIRM AGE, LEVERAGE DAN FIRM SIZE TERHADAP CORPORATE SOCIAL DISCLOSURE DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FIRM AGE, LEVERAGE DAN FIRM SIZE TERHADAP CORPORATE SOCIAL DISCLOSURE DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)] PDF (PENGARUH FIRM AGE, LEVERAGE DAN FIRM SIZE TERHADAP CORPORATE SOCIAL DISCLOSURE DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan Pertambangan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Corporate social disclosure merupakan pengungkapan pertanggungjawaban yang dilakukan oleh perusahaan kepada stakeholder, bentuk dari perusahaan terhadap stakeholder-nya dengan memberikan kepedulian yang tinggi dan perhatian yang lebih terhadap kegiatan sosialnya. Corporate social disclosure di Indonesia masih tergolong sangat rendah. Masih terdapat beberapa perusahaan yang belum melaksanakan corporate social disclosure. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh firm age, leverage, dan firm size terhadap corporate social disclosure dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 34 sampel perusahaan dengan 102 unit analisis. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumenter. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi yaitu menggunakan uji selisih mutlak pada aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa firm age berpengaruh positif signifikan terhadap corporate social disclosure. Sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap corporate social disclosure. Disisi lain, firm size berpengaruh negatif signifikan terhadap corporate social disclosure. Kemudian profitabilitas mampu memoderasi secara signifikan pengaruh firm age terhadap corporate social disclosure, namun profitabilitas tidak mampu memoderasi secara signifikan pengaruh leverage dan firm size terhadap corporate social disclosure. Saran dari penelitian ini, perusahaan diharapkan lebih luas dalam pelaksanaan corporate social disclosure dan memiliki kepedulian yang tinggi mengenai corporate social disclosure. Kemudian untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat menambah sampel yang lebih luas serta menambahkan rentang tahun agar memperoleh hasil pengujian yang lebih maksimal. Selain itu, dapat menggunakan variabel moderating lainnya yang dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh variabel independen terhadap corporate social disclosure.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Disclosure, Firm Age, Leverage, Firm Size, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:51
Last Modified: 01 Dec 2022 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53744

Actions (login required)

View Item View Item