EFISIENSI SISTEM PENDINGIN OTOMATIS MENGGUNAKAN WATER MIST PADA PANEL SURYA


Muhamad Rizal Wira Kusuma, 5311417035 (2021) EFISIENSI SISTEM PENDINGIN OTOMATIS MENGGUNAKAN WATER MIST PADA PANEL SURYA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of EFISIENSI SISTEM PENDINGIN OTOMATIS  MENGGUNAKAN WATER MIST PADA  PANEL SURYA] PDF (EFISIENSI SISTEM PENDINGIN OTOMATIS MENGGUNAKAN WATER MIST PADA PANEL SURYA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Energi matahari termasuk dalam sumber energi terbarukan yang tidak akan habis. Salah satu pemanfaat energi matahari tersebut adalah dengan penggunaan panel surya. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja solar panel salah satunya adalah temperatur. Secara sistematis sel surya dan modul PV memiliki karakteristik standard test conditions (STC) dengan irradiance 1000 W/m2 dan suhu operasi 25°C. Setiap kali suhu panel surya meningkat di atas suhu operasi 25oC, celah pita dari bahan semikonduktor sel surya akan berkurang dan mengakibatkan tegangan open-circuit turun dan ketika suhu sel surya berkurang, ada peningkatan pada tegangan open-circuit. Alat sistem pendingin otomatis menggunakan water mist dibuat dengan tujuan untuk mengoptimalkan daya keluaran panel surya terhadap pengaruh suhu dan dapat dijadikan menjadi alternatif pendinginan panel surya berbasis air. Water Mist dalam penelitian ini adalah proses penyemprotan air ke solar panel seperti efek kabut menggunakan nozzle mist maker. Sistem tersebut dikontrol menggunakan mikrokontroler Arduino Mega dengan bantuan modul sensor suhu, Real Time Clock (RTC), dan Sensor Tegangan dan Arus INA219. Dari hasil penelitian alat sistem pendingin otomatis menggunakan water mist pada panel surya telah dibuat sesuai perencanaan penelitian. Alat berhasil diterapkan dan bekerja dengan baik. Panel surya dapat bekerja menghasilkan listrik dengan lebih maksimal dibandingkan dengan panel surya tanpa pendingin. Dari hasil penelitian didapatkan rata - rata penurunan suhu selama 3 hari sebesar 38OC dan didapatkan hasil efisiensi daya keseluruhan selama 3 hari sebesar 13,21 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Panel Surya, Sistem Pendingin Otomatis, Water Mist, Mikrokontroler
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:51
Last Modified: 01 Dec 2022 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53742

Actions (login required)

View Item View Item