PERENCANAAN PLTS ATAP SISTEM ON GRID PADA RUMAH TINGGAL DENGAN SOLARGIS-PV PLANNER


Sulatul Aula, .5311417003 (2021) PERENCANAAN PLTS ATAP SISTEM ON GRID PADA RUMAH TINGGAL DENGAN SOLARGIS-PV PLANNER. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PERENCANAAN PLTS ATAP SISTEM ON GRID PADA RUMAH TINGGAL DENGAN SOLARGIS-PV  PLANNER] PDF (PERENCANAAN PLTS ATAP SISTEM ON GRID PADA RUMAH TINGGAL DENGAN SOLARGIS-PV PLANNER) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sektor rumah tangga kini menjadi salah satu target pengguna listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) saat ini, yang menjadi tujuan pemerintah Indonesia untuk menggunakan sistem PLTS atap. Dalam penggunaan sistem PLTS atap, perencanaan yang baik sebelum implementasi yang sebenarnya. Dalam studi ini, penulis bertujuan agar memberikan gambaran penggunaan PLTS atap, terutama pada sektor rumah tangga terhadap kebijakan saat ini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode simulasi menggunakan Solargis PV Planner serta metode penilaian kelayakan investasi melalui beberapa analisis ekonomi, yaitu melalui NPV (Net Present Value), PI (Probability Index) dan DPP (Discount Payback Periode) agar dapat diketahui manfaat dan keuntungan yang didapatkan setiap tahunnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk energi yang dihasilkan dari sistem PLTS atap dengan kapasitas 0,75 kWp menghasilkan energi 1525,8 kWh/kWp. Lalu pada PLTS atap dengan kapasitas 1,08 kWp menghasilkan energi 1526,0 kWh/kWp. Dan untuk PLTS atap dengan kapasitas 0,9 kWp menghasilkan energi 1525,5 kWh/kWp. Untuk kelayakan proyek investasi PLTS atap ini dinilai layak untuk dilaksanakan dan dipastikan dapat memberikan keuntungan dari segi ekonomi. Dimana nilai NPV tiap rumah dengan masing-masing variasi bernilai positif (>0), dengan Payback Periode atau waktu pengembalian modal 10,75 tahun dan DPP selama 24 tahun 4 hari yang artinya lebih kecil dari pada umur proyek 25 tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : PLTS atap, rumah tangga, solargis, analisis ekonomi.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:10
Last Modified: 01 Dec 2022 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53736

Actions (login required)

View Item View Item