PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA TRANSFER PRICING YANG DIPENGARUHI OLEH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DEBT CONVENANT DAN UKURAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Multinasional yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2017-2019)


EDI MARYONO, 7211417029 (2021) PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA TRANSFER PRICING YANG DIPENGARUHI OLEH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DEBT CONVENANT DAN UKURAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Multinasional yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2017-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA TRANSFER PRICING YANG DIPENGARUHI OLEH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DEBT CONVENANT DAN UKURAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Multinasional yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2017-2019)] PDF (PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI PADA TRANSFER PRICING YANG DIPENGARUHI OLEH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DEBT CONVENANT DAN UKURAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Multinasional yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2017-2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transfer pricing merupakan harga yang ditetapkan atas produk atau jasa dari satu divisi ke divisi lain dalam perusahaan yang sama atau antar perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa. Transfer pricing yang dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan perpajakan mengakibatkan kerugian negara yang bersumber dari penerimaan pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tunneling incentive, mekanisme bonus, debt covenant, dan ukuran perusahaan terhadap adanya indikasi praktik transfer pricing dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manufaktur multinasional di Indonesia. Populasi yang digunakan yaitu seluruh perusahaan manufaktur multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2017-2019 sejumlah 134 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih 19 unit analisis dengan total sampel 57 unit analisis (19x3 tahun). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji interaksi Moderated Regression Analysis (MRA) pada analisis regresi moderasinya dengan bantuan alat analisis aplikasi IBM SPSS v.26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tunneling incentive, debt convenant dan Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Mekanisme bonus berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Sementara itu, profitabilitas mampu memoderasi signifikan hubungan tunneling incentive, debt convenant dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing, profitabilitas tidak mampu memoderasi signifikan hubungan mekanisme bonus terhadap transfer pricing. Simpulan dari penelitian ini yaitu tunneling incentive, debt convenant dan Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Mekanisme bonus berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Sementara itu, profitabilitas mampu memoderasi signifikan hubungan tunneling incentive, debt convenant dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing, profitabilitas tidak mampu memoderasi signifikan hubungan mekanisme bonus terhadap transfer pricing. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu menggunakan variabel dan proksi lain, serta menambah populasi pada sektor y

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing; Tunneling Incentive; Mekanisme Bonus; Debt Covenant; Ukuran Perusahaan; Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Dec 2022 00:14
Last Modified: 01 Dec 2022 00:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53732

Actions (login required)

View Item View Item