FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI TENTANG KINERJA PEMADAM KEBAKARAN DI DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA SEMARANG


Florentina Dian Rosela, 6411417060 (2021) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI TENTANG KINERJA PEMADAM KEBAKARAN DI DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411417060 - Florentina Dian.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang memiliki visi yang berbunyi “Terciptanya rasa aman masyarakat Kota Semarang dari bahaya kebakaran”, namun pada kenyataannya jumlah terjadinya bencana kebakaran di Kota Semarang terus meningkat setiap tahun. Mengacu pada visi dan tujuan yang sudah ditetapkan, ini artinya bahwa kinerja Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang menurun karena belum mampu untuk melaksanakan visi dan tujuan yang telah ditetapkan, sehingga menyebabkan kerugian menjadi meningkat. Berdasarkan kenyataan di lapangan, penilaian kinerja menurun dari tahun 2016 hingga 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja pemadam kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian cross sectional. Menggunakan uji chi-square. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 330 orang. Sampel penelitian berjumlah 77 responden, teknik pengambilan sampel dengan total random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan lembar checklist. Hasil chi-square sebagai berikut : (1) persepsi tentang sarana dan prasarana (p=0,000) , (2)persepsi tentang pelatihan (p=0,000) , (3) persepsi tentang penyuluhan (p=0,000). Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara persepsi sarana dan prasarana, pelatihan, dan penyuluhan terhadap kinerja di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang. Saran untuk institusi agar meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada, pelaksanaan pelatihan dan penyuluhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kinerja, pelatihan, penyuluhan, persepsi sarana dan prasarana
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:35
Last Modified: 30 Nov 2022 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53728

Actions (login required)

View Item View Item