Hubungan Kesehatan Mental dengan Motivasi Penerapan Protokol Kesehatan selama Pandemi Covid-19 pada Usia Remaja di Kabupaten Kudus


Mayditania Intan Bunga Pratiwi, 6411417052 (2021) Hubungan Kesehatan Mental dengan Motivasi Penerapan Protokol Kesehatan selama Pandemi Covid-19 pada Usia Remaja di Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411417052 - Mayditania Intan B P.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk memperlambat penyebaran Coronavirus, salah satunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pandemi Covid-19 menimbulkan ketakutan, stres, kecemasan, gejala depresi, insomnia, penolakan. Dalam konteks penerapan protokol kesehatan, seseorang dapat mendukung motif yang terkait dengan otonomi pribadi (misalnya, tidak ingin diri sendiri sakit), tindakan pro sosial (misalnya, tidak ingin membuat orang lain sakit), atau kontrol (misalnya, aturan orang tua, kota / negara untuk melakukan penerapan protokol kesehatan). Motivasi atau alasan seseorang untuk terlibat dalam penerapan protokol kesehatan mungkin terkait dengan kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesehatan mental terhadap motivasi penerapan protokol kesehatan pada remaja selama pandemi Covid-19 di Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebesar 500 dari populasi penduduk remaja usia 15-24 tahun yang tinggal di Kabupaten Kudus dengan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, disebarkan melalui facebook, whatsapp, instagram. Data dianalisis menggunakan uji bivariat korelasi gamma. Hasil menunjukkan hanya variabel jenis kelamin yang memiliki hubungan terhadap motivasi intrinsik, ekstrinsik dan amotivasi, sedangkan variabel stres, depresi, kecemasan, insomnia, persepsi kerentanan hanya terdapat hubungan signifikan (p<0,05) terhadap amotivasi dalam penerapan protokol kesehatan. Hampir semua remaja melakukan penerapan protokol kesehatan atas dasar motivasi instrinsik dan ekstrinsik, namun beberapa variabel memiliki hubungan terhadap amotivasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Kesehatan Mental, Motivasi, Protokol Kesehatan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:21
Last Modified: 30 Nov 2022 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53723

Actions (login required)

View Item View Item