ARAHAN KOMODITAS UNGGULAN PERIKANAN TAMBAK DI PESISIR KABUPATEN KENDAL (EVALUASI KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK)


Tjaturahono Budi Sanjoto, - (2017) ARAHAN KOMODITAS UNGGULAN PERIKANAN TAMBAK DI PESISIR KABUPATEN KENDAL (EVALUASI KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA PERIKANAN TAMBAK). Jurnal Geografi, 14 (2). pp. 66-74. ISSN 2549-3094

[thumbnail of 11522-26778-1-SM.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Banyak faktor yang menjadi pertimbangan ketika akan membudidyakan perikanan tambak. Pemlihan lokasi, ph tanah, tekstur tanah, kemiringan lahan, jarak dengan laut, jarak dengan sungai, curah hujan, dan aksisibilitas menjadi beberapa peretimbangan yang perlu dilakukan. Kondisi yang tepat dengan parameter tersebut akan memberikan hasil yang maksimal bagi petani tambak, sebaliknya apabila parameter-parameter tersebut tidak terpenuhi maka akan berdampak pada hasil yang nantinya diperoleh. Kabupaten Kendal merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai wilayah pesisir. Terdapat 7 kecamatan di Kabupaten Kendal yang wilayahnya berada di pesisir, yaitu Kaliwungu, Patebon, Brangsong, Rowosari, Kangkung, Kota Kendal, dan Cepiring. Tujuan kajian ini adalah untuk mengkaji kelas kesesuaian lahan tambak di wilayah pesisir Kendal. Metode yang digunakan yaitu dengan analisis skoring terhadap paramater-parameter lokasi tambak yang baik antara lain kemiringan lahan, tekstur tanah, ph tanah. Berdasarkan parameter yang digunakan dalam evaluasi kesesuaian lahan, di wilayah pesisir Kabupaten Kendal dapat digolongkan menjadi tiga kelas, yaitu sangat sesuai (S1) yang mencakup wilayah Kecamatan Kangkung dan Kecamatan Rowosari. Kelas sesuai (S2), distribusi wilayah pada kelas ini adalah hampir di sebagian besar pesisir Kabupaten Kendal. Pada kelas cukup sesuai (S3) yaitu kelas lahan yang apabila akan diusahakan budidaya tambak perlu perlakuan khusus berada wilayah Kota Kendal dan Kecamatan Kaliwungu karena sebagian besar lahannya untuk permukiman dan tegalan. Untuk mencapai target produksi tambak maka perlu dibudidayakan pada kelas yang sangat sesuai (S1). Hal ini mengingat hampir tidak dijumpai kendala dalam membudidayakan tambak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: komoditas unggulan, evaluasi lahan, tambak, pesisir
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:10
Last Modified: 30 Nov 2022 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53721

Actions (login required)

View Item View Item