ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS KALADAWA KABUPATEN TEGAL


Rizki Fauziah, 6411417050 (2021) ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS KALADAWA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411417050 - Rizki Fauziah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Prolanis selama pandemi Covid-19 dituntut dapat beradaptasi dengan melaksanakan pelayanan sesuai standar mutu Puskesmas. Namun, rasio partisipasi kunjungan Prolanis di Puskesmas Kaladawa selama pandemi mengalami penurunan dan hanya sebesar 47% dari total peserta yang terdaftar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Prolanis selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Besar sampel dalam penelitian ini yakni sebanyak 45 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner dan metode pengambilan data dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif berdasarkan karakteristik responden, Importance Performance Analysis (IPA), dan uji Chi Square pada SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tingkat kepuasan dengan mengunakan analisis IPA yaitu 92,5%, dimana dimensi emphaty emphaty 90,8%, tangible 92,9%, reliability 93,6%, responsiveness 90,7%, dan assurance 94,6%. Berdasarkan uji chi square menunjukkan ada hubungan antara dimensi emphaty (0,006<0,05), tangible (0,016<0,05), reliability (0,002<0,05), responsiveness (0,003<0,05), dan assurance (0,014<0,05). Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien program prolanis di Puskesmas Kaladawa Kabupaten Tegal. Dimana masih terdapat dimensi pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien yang cukup rendah yaitu pada dimensi emphaty dan responsiveness.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Kepuasan Pasien, Pelayanan, Prolanis
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:56
Last Modified: 30 Nov 2022 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53719

Actions (login required)

View Item View Item