SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA KUCING BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE FORWARD CHAINING


Ritme Cahya Aryani, .5302417051 (2021) SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA KUCING BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE FORWARD CHAINING. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA  KUCING BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE  FORWARD CHAINING] PDF (SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA KUCING BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE FORWARD CHAINING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi kasus di UPTD Peternakan dan Perikanan Pusat Kesehatan di Kuwu, 60% dari 600 data pasien kucing telat membawa kucing ke klinik dan dari jumlah tersebut, sebesar 39% kucing tidak dapat tertolong. Hal tersebut dikarenakan telatnya penanganan dini dan kurangnya pengetahuan. Oleh karena itu perlu diciptakan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit pada Kucing yang akurat. Sistem tersebut akan menggunakan Metode Forward Chaining. Metode ini merupakan metode pencarian fakta ataupun kesimpulan yang dimulai dari faktor-faktor pendukung hingga menuju kesimpulan yang akurat. Sedangkan metode penelitiannya menggunakan metode waterfall yang dikembangkan oleh Pressman dengan tahapan analisis, desain, kode, dan terakhir tes. Uji sistem dilakukan dengan 220 data rekam medis kucing dengan pembagian 110 data training dan 110 data testing. Hasil pengujian yang didapatkan sebesar 97,3 % untuk akurasinya, serta sebesar 99,1 % untuk precission sistemnya. Hal ini setidaknya membuktikan bahwa Sistem Pakar Diagnosis pada Penyakit Kucing Berbasis Website menggunakan metode Forward Chaining dapat akurat. Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya perlu ditambahkan ruang diskusi antar dokter dengan pasien agar lebih akurat dan jelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyakit Kucing, Sistem Pakar, Forward Chaining.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:39
Last Modified: 30 Nov 2022 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53712

Actions (login required)

View Item View Item