FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN 5R PEGAWAI DI RUANG PENYIMPANAN BALAI KESELAMATAN KERJA PROVINSI JAWA TENGAH


Nia Noor Safitri, 6411416069 (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN 5R PEGAWAI DI RUANG PENYIMPANAN BALAI KESELAMATAN KERJA PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411416069 - Nia Noor Safitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menurut (International Labour Organization (ILO), 2018) dalam setiap tahun, ada hampir seribu kali lebih banyak kecelakaan kerja non-fatal dibandingkan kecelakaan kerja fatal. Sebuah organisasi penting dalam memperhatikan aspek lingkungan kerja agar mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien. Metode 5R merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penerapan 5R pegawai di ruang penyimpanan Balai Keselamatan Kerja Provinsi Jawa Tengah. Jenis dan desain penelitian ini adalah obeservasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian sebesar 35 karyawan dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji chi-square dan uji alternatifnya yaitu uji fisher. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan penerapan 5R pegawai di ruang penyimpanan Balai Keselamatan Kerja Provinsi Jawa Tengah (p-value=0,008). Sedangkan variabel komitmen, empowerment, komunikasi, tingkat pendidikan dan motivasi kerja tidak berhubungan dengan penerapan 5R pegawai. Saran penelitian ini adalah dengan mengadakan sosialisasi, workshop dan pelatihan 5R pada pekerja secara berkala serta memperbanyak media promosi terkait prosedur penerapan 5R sebagai upaya perbaikan penerapan 5R yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan pegawai mengenai 5R.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode 5R, Ruang Penyimpanan, Pengetahuan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:06
Last Modified: 30 Nov 2022 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53686

Actions (login required)

View Item View Item