IMPLEMENTASI ALGORITMA RC4 PADA SISTEM PENGAMANAN DOKUMEN DIGITAL SOAL UJIAN


Fauziyah Suwarsita Febriyani, .5302414030 (2021) IMPLEMENTASI ALGORITMA RC4 PADA SISTEM PENGAMANAN DOKUMEN DIGITAL SOAL UJIAN. Post-Doctoral thesis, Unnes.

[thumbnail of IMPLEMENTASI ALGORITMA RC4 PADA SISTEM  PENGAMANAN DOKUMEN DIGITAL SOAL UJIAN] PDF (IMPLEMENTASI ALGORITMA RC4 PADA SISTEM PENGAMANAN DOKUMEN DIGITAL SOAL UJIAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dokumen digital telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun hal tersebut dapat menyebabkan permasalahan baru yaitu mengenai masalah keamanan. Untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data dapat dilakukan dengan kriptografi. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah sistem yang mengimplemantasikan algoritma kriptografi untuk menjaga keamanan dan kerahasian dokumen digital. Metode penelitian yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah metode waterfall. Tahapan pada penelitian antara lain communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Algoritma kriptografi yang digunakan adalah algoritma RC4. Sistem pengamanan dokumen digital diuji menggunakan blackbox testing dan untuk keamanan sistem diuji menggunakan software penyerang Crackstation. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik, seperti yang ditunjukkan pada hasil pengujian blackbox dimana fungsi�fungsi pada sistem dapat berjalan sesuai dengan yang direncakanan. Pada pengujian brute force menggunakan software penyerang Crackstation juga menunjukkan bahwa ciphertext hasil implementasi algoritma RC4 tidak dapat dipecahkan.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Dokumen digital, algoritma RC4, waterfall, brute force.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:58
Last Modified: 30 Nov 2022 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53685

Actions (login required)

View Item View Item