PENGARUH PROPORSI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, TIPE AUDITOR DAN MANAJEMEN LABA PADA ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DENGAN DIMODERASI ENVIRONMENTAL PERFORMANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Agrikultur dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2019)


Tegar Wicaksono, 7211416102 (2021) PENGARUH PROPORSI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, TIPE AUDITOR DAN MANAJEMEN LABA PADA ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DENGAN DIMODERASI ENVIRONMENTAL PERFORMANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Agrikultur dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROPORSI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, TIPE AUDITOR DAN MANAJEMEN LABA PADA ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DENGAN DIMODERASI ENVIRONMENTAL PERFORMANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Agrikultur dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun] PDF (PENGARUH PROPORSI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, TIPE AUDITOR DAN MANAJEMEN LABA PADA ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DENGAN DIMODERASI ENVIRONMENTAL PERFORMANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Agrikultur dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan operasional perusahaan yang bersifat ekstraktif dalam jangka penjang akan memunculkan berbagai masalah lingkungan. Environmental disclosure menjadi alat legitimasi perusahaan pada masyarakat untuk melihat sejauh mana perusahaan memperhatikan aspek sosial dan lingkungan sebagai dampak dari aktivitasnya.Environmental disclosure dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor eksternal dan faktor internal perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh proporsi dewan komisaris independent, tipe auditor dan manajemen laba terhadap environmental disclosure dengan dimoderasi oleh environmental performance.Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi seluruh perusahaan agrikultur dan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 15 perusahaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderate Regression Analysis (MRA) dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi dewan komisaris independen dan manajemen laba berpengaruh terhadap environmental disclosure. Tipe auditor tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure. Environmental performance tidak mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh tipe auditorterhadap environmental disclosure. Namun, environmental performance mampu memperlemah pengaruh manajemen laba dan memperkuat pengaruh proporsi dewan komisaris independen terhadap environmental disclosure.Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas data penelitian disektor perusahaan lain dengan jumlah tahun pengamatan yang lebih dari 2 tahun, sehingga hasil analisis yang diperoleh lebih tergeneralisasi. Selain itu penelitian selanjutnya dapat mengembangkan variabel penelitian lain dan menggunakan pengukuran variabel tipe auditor dengan penilaian yang lebih luas seperti pergantian auditor atau auditor switching. Sehingga hasil penelitian reputasi yang dihasilkan cakupannya lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: environmental disclosure, proporsi dewan komisaris independen, tipe auditor, manajemen laba, environmental performance
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 30 Nov 2022 00:15
Last Modified: 30 Nov 2022 00:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53659

Actions (login required)

View Item View Item